KESESUAIAN PRAKTIK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUDHARABAH DENGAN PSAK NO. 102 DAN 105 PADA BMT GKBI SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA

MAKHBUB KHUMAIDI, NIM. 10390113 (2014) KESESUAIAN PRAKTIK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUDHARABAH DENGAN PSAK NO. 102 DAN 105 PADA BMT GKBI SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KESESUAIAN PRAKTIK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUDHARABAH DENGAN PSAK NO. 102 DAN 105 PADA BMT GKBI SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA)
10390113_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KESESUAIAN PRAKTIK PEMBIAYAAN MURABAHAH DAN MUDHARABAH DENGAN PSAK NO. 102 DAN 105 PADA BMT GKBI SYARI’AH CABANG YOGYAKARTA)
10390113_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik murabahah dan mudharabah pada BMT Gabungan Koperasi Batik Indonesia (GKBI) Syari’ah Yogyakarta yang sesuai dan tidak sesuai dengan PSAK No. 102 dan 105, dan mengetahui faktor-faktor yang mempengruhi kesesuaian praktik pembiayaan tersebut. Informasi itu diperlukan bagi BMT GKBI Syari’ah Yogyakarta untuk memperbaiki praktik yang telah berjalan dan bagi Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) sebagai kritik atas pernyataan-pernyataan yang tercantum dalam PSAK No. 102 dan 105. Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dan data skunder dari data-data yang disajiakan oleh BMT dan dari berbagai literatur terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (librari reserch), penelitian lapangan (field research). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyesuaikan praktik pada BMT dengan PSAK, selanjutnya PSAK terkait akad disesuaikan dengan prinsip syariah, kemudian hasil yang diperoleh dari anallisis dicari penyebabnya. Hasil dari penellitian ini bahwa pembiayaan murabahah dan mudharabah pada BMT GKBI Syariah Yogyakarta tidak sesuai dengan PSAK No. 102 dan 105 diakibatkan oleh faktor kurangnya pengawasan pada BMT GKBI Syari’ah Yogyakarta dan perlunya PSAK baru untuk BMT karena PSAK yang berlaku terlalu umum dan tidak sejalan dengan peraturan perkoperasian sehingga BMT yang berbadan hukum koperasi butuh perhatian khusus dalam pelakuan akuntansinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kesesuaian pembiayaan murabahah dan mudharabah dengan PSAK No. 102 dan 105
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Nov 2014 14:15
Last Modified: 27 Sep 2016 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14526

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum