PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, HUTANG, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RASIO PROFITABIILITAS PERUSAHAAN (STUDI KASUS: PADA PERUSAHAAN INVESTASI, JASA, DAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI DES PADA TAHUN 2009-2012)

FUAD LUKMAN HAKIM , NIM. 10391041 (2014) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, HUTANG, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RASIO PROFITABIILITAS PERUSAHAAN (STUDI KASUS: PADA PERUSAHAAN INVESTASI, JASA, DAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI DES PADA TAHUN 2009-2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, HUTANG, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RASIO PROFITABIILITAS PERUSAHAAN (STUDI KASUS: PADA PERUSAHAAN INVESTASI, JASA, DAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI DES PADA TAHUN 2009-2012) )
10391041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, HUTANG, DAN LIKUIDITAS TERHADAP RASIO PROFITABIILITAS PERUSAHAAN (STUDI KASUS: PADA PERUSAHAAN INVESTASI, JASA, DAN DAGANG YANG TERDAFTAR DI DES PADA TAHUN 2009-2012) )
10391041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setiap berdirinya sebuah perusahaan pasti mempunyai tujuan yang sama, yaitu ingin memperoleh sebuah laba atau profitabilitas dalam usaha yang mereka lakukan. Tingkat profitabilitas perusahaan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah ukuran perusahaan, hutang, dan likuiditas. Setiap faktor tersebut dapat berpengaruh positif maupun negatif dalam perolehan tingkat profitabilitas yang didapat oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh ukuran perusahaan, hutang, dan likuiditas terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang didapatkan dari perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah (DES). Penelitian dilakukan terhadap 17 perusahaan investasi, jasa, dan dagang yang terdaftar di DES secara 4 tahun berturut-turut. Metode sampel yang digunakan adalah metode Simple Random Sampling. Pengujian instrument dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas dan asumsi klasik. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan uji analisis regresi berganda moderating yang terdiri dari uji F, koefisien determinasi (R2) dan uji t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui uji t (parsial) bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap rasio profitabilitas perusahaan dengan masing-masing memiliki nilai t hitung sebesar 3,225 dan taraf signifikansi sebesar 0,002. Variabel hutang tidak berpengaruh terhadap rasio profitabilitas perusahaan masing-masing memiliki nilai t hitung sebesar -1,852 dan taraf signifikansi sebesar 0,069. Hasil dari variabel likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan dengan masing-masing memiliki nilai t hitung sebesar -2,179 dan taraf signifikansi sebesar 0,033.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Misnen Ardiansyah, SE, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Profitabilitas, ukuran perusahaan, hutang, dan likuiditas.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Nov 2014 14:43
Last Modified: 27 Sep 2016 13:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14539

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum