BIMBINGAN KARIR UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMILIH STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

DESI ALAWIYAH, NIM. 12220070 (2016) BIMBINGAN KARIR UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMILIH STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN KARIR UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMILIH STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
12220070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN KARIR UNTUK MEMBANTU SISWA DALAM MEMILIH STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)
12220070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (542kB)

Abstract

Bimbingan karir adalah usaha untuk membantu siswa dalam proses mengambil keputusan mengenai karir atau pekerjaan utama yang mempengaruhi kehidupan di masa depannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanan metode-metode yang digunakan pada bimbingan karir dalam membantu siswa memilih jurusan/program studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru BK yang melaksanakan bimbingan karir dan siswa yang mendapatakan layanan bimbingan karir. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanan bimbingan karir yang diberikan kepada siswa dalam memilih jurusan/program studi ke perguruan tinggi, dengan menggunakan dua metode yaitu metode bimbingan kelompok dan metode konseling individu. Metode bimbingan kelompok yang dilaksanakan itu terdiri dari home room program, diskusi kelompok, kegiatan kelompok, career day,dan organisasi siswa. Sedangkan metode konseling individu itu diberikan secara face to face untuk beberapa anak yang masih belum mempunyai pilihan jurusan/program studi. Metode tersebut digunakan oleh guru BK untuk membantu siswa dalam memilih jurusan/program studi ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet. S.Ag., M. Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 13:53
Last Modified: 28 Apr 2016 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum