STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI INKLUSIF MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MADRASAH ‘ALIYAH WATHANIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN

NURI YUDIARTO , NIM. 08410020 (2014) STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI INKLUSIF MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MADRASAH ‘ALIYAH WATHANIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI INKLUSIF MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MADRASAH ‘ALIYAH WATHANIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN)
08410020_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI INKLUSIF MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN MADRASAH ‘ALIYAH WATHANIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN)
08410020_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

NURI YUDIARTO. Strategi Penanaman Niai-Nilai Inklusif Melalui Pembelajaran PAI Di Pondok Pesantren Madrasah `Aliyah Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian adalah pendidikan didasari semangat keterbukaan berupa penghargaan & penerimaan pada semua golongan dapat mengendalikan sikap narsisme. Sikap narsisme, berupa klaim dari kebenaran, berujung pada sikap membanggakan diri. Sikap ini dapat menimbulkan gesekan sosial, berakhir pada perpecahan/permusuhan berlatar SARA. Peneliti menjadikan PPMAWI Kebarongan sebagai objek penelitian sebab materi PAI yang beragam yaitu fiqih(corak syafi’i), tauhid (corak wahabi) dengan kata lain materi pembelajaran menggunakan kitab yang berbeda madzhab. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan mengetahui strategi penanaman nilai-nilai inklusif melalui pembelajaran PAI di PPMAWI serta hasil yang dicapai, faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, mengambil latar PPMAWI Kebarongan. Pengumpulan data: pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data: merangkum, memilih data, disusun secara sistematis, penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan trianggulasi dengan sumber. Hasil penelitian : (1) konsep inklusif di PPMAWI terdapat pada materi PAI (tafsir, tahid, hadis, dan fiqh) menggunakan berbagai corak kitab : (a) tafsir, kitab Jalalain karangan Jalaludin al-Mahalli dan Jalaluddin as-Suyuthi, kitab Fi Dzilalil Quran karangan Sayyid Qutb kitab Safwat At-Tafasir karangan Muhammad 'Ali Al-Sabuni, (b) tauhid, Fathul Majid karangan Abdurrahman ibn Hasan Alu Syaikh, syarah dari kitab At-Tauhid Alladzi Huwa Haqqullah ‘Ala Al- ‘Abid karya Muhammad ibn Abdul Wahab, (c) hadis, kitab ‘Umdatul Ahkam karya ‘Abdul Ghani Bin Abdul Wahid dengan Syarah Tafsir ‘Alam karya Syaikh Abdulloh Al-Bassâm. (d) fiqh, kitab Fathul Qorib Mujib disusun oleh As-Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliky ditahqiq dan takliq oleh anak beliau, As-Sayyid Muhammad Bin Alwi Bin Abbas Al-Maliky Al-Hasani. kitab fiqh sunnah karangan Sayid Sabiq. (2) Implementasi strategi penanaman nilai inklusif menggunakan metode tidak doktrinel, dengan metode-metode tertentu misal : bandongan, wetonan, dan sorogan. (3) Hasil penanaman nilai-nilai inklusif melalui PAI (a) Sikap terbuka terhadap perbedaan terpatri pada setiap santri dan berimplikasi positif dalam masyarakat berlandaskan Tauhid pada Allah. (b) Sikap kritis yang dimiliki para santri menjadikan budaya taklid tidak berkembang pada para santri di PPMAWI Kebarongan. (4) Faktor pendukung dan penghambat. (a) faktor pendukung : visi, misi dan tujuan PPMAWI, keberagaman bahan ajar materi PAI, sebagian ustadz/ah merupakan alumni, latar belakang santri yang berbeda, tidak diwajibkannya santri menempati asrama, lingkungan PPMAWI dekat dengan masyarakat. (b) faktor penghambat: masih digunakannya satu madzab di masjid jami` sehingga santri mengikutinya, pandangan masyarakat PPMAWI bercorak wahabi karena kitab Fatul Majid karya Muhammad Bin Abdul Wahab sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Nov 2014 07:53
Last Modified: 20 Nov 2014 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14592

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum