KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNUMISKAWAIH)

ANDIKA SAPUTRA , NIM. 08410248 (2014) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNUMISKAWAIH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNUMISKAWAIH))
08410248_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ATAS PEMIKIRAN SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN IBNUMISKAWAIH))
08410248_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Andika Saputra, Konsep Pendidikan Akhlak Dan knplikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Syed Muhammad Naquib A1- Attas Dan Ibnu Miskawaih) Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islqm Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarata.2014. Latar belakang karya ihniah ini adalah bangsa Indonesia yang mengalami multi krisis yang disebabkan pemalraman akhlak pada diri masyarakat. Secara umum pembinaan pemahaman akhlak remaja sangat memprihatinkan. Di samping itu; pendidikan yang dikehendaki oleh Islam adalah pendidikan yang dibangun di atas konsep ke'Islaman, sehingga mampu membenfuk manusia yang unggul secara intelektual, kaya dalam anmlo sertra anggun dalan akhlak dan kebijakan. Namun, yang tefiadi pada saat im masyarakat Islam mengalami degradasi moral, pelanggaran nilai-nilai semakin akut dan sulit untuk dikendalikan, dan yang memprihatinkan pelanggaran nilai tersebut dilakukan oleh para kaum pelajar dalam berbagai lapisan pada tatanan masyarakat. Syed Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih merupakan tokoh pembaharu pendidikan Islam yang pemikirumya banyak membahas -tentang pendidikan akhlak. Dari latar belakang diatas penulis hendak mengkaji tentang bagaimana konsep pendidikan akhlak menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan lbnu Miskawaitr, bagaimana komparasi'konsep pendidikan akhlak Syed'Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih danbagwmana implikasi konsep pendidikan akhlak Syed Muharnmad naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih dalam pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Library Research (penelitian kepustakaan). Pengumpulan data di lakukan de4gan mengumpulkan buku-biilru LarTa Syed Milhammed Naquib Al-AtEs drali Ibnu Miskeweih serra buku-buku yang ditulis oleh tokoh lairl majalah, jumat yang di dalamya terdapal uraian pennikiran Syed Muhammed Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih tentang konsep pendidikan akhlak, akhirnya menganalisis data untuk mengetahui keabsahan dan kevalitan data, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep Pendidikan Akhlak Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam pendidikan agama Isalam yaitu Ta'dib, tauhid dan metafora, qerita dan yang mencalup semu:mya baik yang bersifat realita maupun spiritual.dan Ibnu Miskawaih konsep pendidikan ahlak dalam pedidikan ista thariqun thabi'i dan al-'adat wa aljihad. 2) komparasi pendidikan akhlak Syed Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih yaitu.pendidikan yang rnencakup semua sisi kemanusiaan mendapatkan materi pendidikarl 3) Implikasi konsep pendidikan akhlak menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Ibnu Miskawaih dalam pendidikan Agama Islarn terwujudnya sikap'batin yang mampu m.endoreng seca-ra sBentan bagi tersiptanya $emua per-buatan ya-qg bemilai baik, sehingga mencapai kesanpumaan dan memperoleh kebahagiaan yang sempurna (al-sa'adat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirit, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Nov 2014 07:55
Last Modified: 02 Aug 2017 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14594

Actions (login required)

View Item View Item