STUDI HISTORIS PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (TELAAH TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PASCA UUS PN 1989)

NURHAYATI - NIM. 03470634, (2008) STUDI HISTORIS PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (TELAAH TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PASCA UUS PN 1989). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI HISTORIS PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (TELAAH TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PASCA UUS PN 1989))
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUDI HISTORIS PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA (TELAAH TERHADAP PERUBAHAN KURIKULUM MADRASAH ALIYAH PASCA UUS PN 1989))
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai perubahan kurikulum Madrasah Aliyah pasca UUSPN 1989 pada kurikulum : tahun 1994, kurikulum 2004/ KBK, dan kurikulum 2006/ KTSP dilihat dari empat komponen kurikulum, yaitu tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui berbagai dampak yang ditimbulkan dari perubahan-perubahan kurikulum dilihat dari empat komponen kurikulum tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library Research), pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu mencari dan mengumpulkan data-data berupa buku, undang-undang, majalah dan koran yang berkaitan dengan permasalahan perubahan kurikulum dilihat dari 4 komponen kurikulum. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yaitu menuliskan, menafsirkan serta mengklasifikasikan dan membanding-bandingkan serta mengurai dan menjelaskan data setelah itu ditarik pengertian-pengertian dan kesimpulan-kesimpulan dari data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk perubaham dari kurikulum 1994 ke kurikulum KBK merupakan perubahan menyeluruh karena setiap komponen dari kurikulum telah berubah, berbeda dengan kurkikulum 2004 ke KTSP, kurikulum ini hanya memberikan perubahan beberapa komponen saja bahkan untuk perubahan dalam 4 komponen tersebut tidak mengalami perubahan hanya saja perubahan yang terjadi adalah pada teknis pelaksanaan dari kurikulum tersebut, sedangkan BSNP hanya menerapkan batasan atau standar isi dalam kurikulum. Madrasah, guru dan peserta didik merupakan komponen terpenting dalam pendidikan karena ketiga-tiganya merupakan pelaksana yang berhadapan langsung dengan pendidikan. Untuk itulah ketiga komponen ini yang mendapat pengaruh cukup besar terhadap perubahan kurikulum. Dampak perubahan kurikulum Madrasah Aliyah Pasca UUSPN 1989 pada sekolah : tugas dan tanggung jawab madrasah semakin luas dan semakin banyak bidangnya, pembelajaran yang mendorong terciptanya kerjasama yang kuat antara madrasah, masyarakat dan dunia kerja dalam membentuk kompetensi peserta didik, sekolah dan stakholders pendidikan, pengembangan Madrasah dan para stafnya lebih serius dalam peningkatan mutu pendidikan, menuntut sarana dan prasarana yang memadai dalam setiap implementasi kurikulum yang dicanangkan. Dampak pada guru : kebebasan guru dalam berkreasi dan berinovasi, menuntut guru yang tidak konservatif, pengembangan guru dalam peningkatan profesionalitasnya, menuntut adanya kualitas guru yang memadai. Dampak pada peserta didik :murid jauh lebih tinggi nilainya karena mereka dianggap sebagai subyek dalam pembelajaran, tugas-tugas yang semakin banyak bagi peserta didik, adanya keharusan membeli buku pelajaran baru, perkembangan daya pikir peserta didik lebih terarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Hamruni, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Historis, pendidika Islam, Indonesia
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 Jun 2012 11:24
Last Modified: 15 Mar 2017 01:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1460

Actions (login required)

View Item View Item