NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM SŪRAH AL-KĀFIRŪN (KAJIAN KOMPARATIF TAFSĪR AL-KABĪR KARYA FAKHR AL-DĪN AL-RĀZĪ DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA)

FUAD HASAN , NIM. 09470162 (2014) NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM SŪRAH AL-KĀFIRŪN (KAJIAN KOMPARATIF TAFSĪR AL-KABĪR KARYA FAKHR AL-DĪN AL-RĀZĪ DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM SŪRAH AL-KĀFIRŪN (KAJIAN KOMPARATIF TAFSĪR AL-KABĪR KARYA FAKHR AL-DĪN AL-RĀZĪ DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA))
09470162_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM SŪRAH AL-KĀFIRŪN (KAJIAN KOMPARATIF TAFSĪR AL-KABĪR KARYA FAKHR AL-DĪN AL-RĀZĪ DAN TAFSIR AL-AZHAR KARYA HAMKA))
09470162_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

FUAD HASAN. NIM: 09470162. NILAI-NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DALAM SŪRAH AL-KĀFIRŪN (Kajian Komparatif Tafsīr al- Kabīr Karya Fakhr al-Dīn al-Rāzī dan Tafsir Al-Azhar Karya Hamka). Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang persoalan toleransi beragama di Indonesia yang kian menurun. Degradasi toleransi telah banyak menimbulkan korban seperti konflik Sunni-Syi’ah di Sampang, kasus Ahmadiyah di Magelang dan Bogor, hingga masalah tentang homogenisme beragama yang mengakibatkan konflik intern dan ekstern agama. Sūrah al-Kāfirūn sebagai landasan normatif beragama/berteologi menjadi menarik untuk dicari tafsirannya. Penelitian ini mengangkat tafsir Sūrah al-Kāfirūn dalam Tafsīr al-Kabīr dan Tafsir Al-Azhar dalam sebuah studi komparasi untuk diperoleh nilai-nilai pendidikan toleransi. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Guna mengetahui komparasi tafsiran Sūrah al- Kāfirūn dalam Tafsīr al-Kabīr dan Tafsir Al-Azhar; (2) Guna memperoleh nilainilai pendidikan toleransi dari kajian komparasi atas kedua penafsiran tersebut. Jenis penelitian ini adalah studi pustaka (library research), dengan pendekatan filosofis. Sedangakan teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif-analitik. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Hasil dari komparasi dapat diketahui bahwa; (a) kedua tafsir ini tidak mengakui/memperbolehkan Sinkretisme atau Homogenisme beragama; (b) tidak diperbolehkan bersikap kasar atau memaksa dalam berkeyakinan/beragama dan tetap menjaga persaudaraan demi perdamaian dalam hidup; (c) bersikap rela terhadap kekafiran orang lain yang menentang keimanan dan mempertahankan keimanan diri adalah lebih utama; (d) mengingkari kebenaran ajaran agama-agama lain, namun bukan menolak keberadaan meraka. (2) Nilai-nilai pendidikan toleransi hasil analisis dari komparasi kedua tafsir tersebut antara lain: (a) nilai pendidikan keimanan, yakni umat Islam harus semakin memperteguh keimanan di tengah pemikiran liberal terkait teologi yang bertambah massif dan meluas; (b) nilai pendidikan kebebasan, yakni menjunjung tinggi hak dan kebebasan orang lain dalam berpikir dan menjalankan peribadatan masing-masing; (c) nilai pendidikan kerukunan, yakni kembali mempererat relasi sosial (ukhuwah insāniyyah) untuk memecah persoalan intern atau antar umat beragama serta lebih peduli pada yang lemah, dan menambah kekompakan dalam gotong-royong dalam keberbedaan demi mencapai kehidupan yang maju dan harmonis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sibawaihi, M.Ag, MA.
Uncontrolled Keywords: Key words: nilai, pendidikan toleransi, komparasi, tafsir surah al-Kafirun
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Nov 2014 08:27
Last Modified: 20 Nov 2014 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14604

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum