KECERDASAN EMOSIONAL DALAM FILM 5 ELANG KARYA SALMAN ARISTO DAN RELEVANSINYA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA MI

HAMAM MUFTY, NIM. 09480063 (2014) KECERDASAN EMOSIONAL DALAM FILM 5 ELANG KARYA SALMAN ARISTO DAN RELEVANSINYA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA MI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KECERDASAN EMOSIONAL DALAM FILM 5 ELANG KARYA SALMAN ARISTO DAN RELEVANSINYA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA MI)
09480063_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (KECERDASAN EMOSIONAL DALAM FILM 5 ELANG KARYA SALMAN ARISTO DAN RELEVANSINYA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA MI)
09480063_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

HAMAM MUFTY, Kecerdasan Emosional Dalam Film 5 Elang Karya Rudi Soedjarwo Dan Relevansinya Pada Perkembangan Sosial Anak Usia MI. Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Orang tua, umumnya meninginkan anak-anak mereka cerdas. Namun cerdas yang diinginkan adalah cerdas dalam bidang akademik. Padahal kecerdaasan akademik bukanlah segalanya, ada kecerdasan lain yang tidak kalah penting yaitu kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional penting karena kecerdaasan ini berpengaruh pada kesuksesan anak dalam tumbuh kembang dan bersosial. Pada era teknologi informasi, komunikasi dan multimedia sekarang ini, apapun dapat memberi dampak pada kecerdasan anak baik secara kognitif maupun afektif. Penelitian ini meneliti salah satu produk media komunikasi yaitu film. Media komunikasi film diyakini turut memberikan efek pada penontonnya yang menyentuh sisi emosional. Film yang diteliti adalah 5 Elang. Peneliti mengindikasi dan mengidentifikasi isi dalam film 5 Elang memiliki nilai kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional dalam film 5 Elang sesuai dengan teori kecerdasan emosional Daniel Goleman. Peneliti menemukan kecerdasan emosional dalam film tersebut memiliki relevansi pada perkembangan sosial anak usia MI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dan merupakan penelitian kajian pustaka, dimana peneliti menjadikan khasanah pustaka sebagai sumber untuk menginterpretasikan isi dalam film 5 Elang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara tidak langsung. Analisa data dilakukan dengan metode analisis isi. Metode keabsahan data dengan menggunakan keajegan dan ketekunan pengamatan, yaitu mencari secara konsisten interpretasi dengan berbagai cara dengan proses analisis yang konstan atau tentatif. Hasil penelitian menunjukkan, film 5 Elang memiliki makna kecerdasan emosional, yaitu berupa mengenali emosi diri, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali emosi orang lain dan membina hubungan. Kecerdasan-kecerdasan emosional tersebut memiliki relevansi pada perkembangan sosial anak usia MI, yaitu kecerdasan emosional berpengaruh pada interaksi sosial, membantu anak dalam berkomunikasi. Secara umum kecerdasan emosional membantu anak dalam penyesuaian diri di lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Sedyo Sentosa, SS, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Perkembangan Sosial Anak Usia MI
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 20 Nov 2014 07:22
Last Modified: 16 Feb 2017 03:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14617

Actions (login required)

View Item View Item