KONSEP PENDIDIK MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

BINTANG FIRSTANIA SUKATNO , NIM. 10410093 (2014) KONSEP PENDIDIK MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KONSEP PENDIDIK MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS )
10410093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( KONSEP PENDIDIK MENURUT SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS )
10410093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB)

Abstract

Bintang Firstania S. Konsep Pendidik Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Pendidik dituntut untuk memiliki kemampuan yang memadai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya bukan hanya memiliki ilmu yang luas, namun juga seorang yang beriman, berakhlaq mulia, dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan tugas tanggung jawab profesinya. Syed Muhammad Naquib Al-Attas mengemukakan konsep ta’dib yang bukan sekedar alih ilmu saja melainkan juga transfer of personality.Terkait penanaman adab yang baik sangat penting dan dapat berimplikasi terhadap tugas, tanggung jawab dan karakteristik profesional seorang pendidik, maka dibutuhkan pendidik yang sesuai dengan konsep ta’dib.Penulis tertarik untuk mengkaji bagaimanakah konsep pendidik dalam ta’dib, yang nantinya akan dapat memecahkan masalah-masalah moral yang terjadi pada pendidik di negeri ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep pendidik menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan relevansi pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas tentang pendidik terhadap Pendidikan Agama Islam di sekolah Indonesia saat ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Pustaka (Library Research), yang dalam teknik pengumpulan datanya dilakukan di perpustakaan dengan didasarkan atas pembacaan-pembacaan terhadap literature yang memiliki informasi serta memiliki relevansi dengan topik penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis. Metode yang digunakan untuk menganalisisnya adalah metode hermeneutika, yaitu dengan cara menangkap makna esensial sesuai dengan konteksnya pada saat pengumpulan data, lalu menginterpretasi data untuk dapat dipahami sesuai konteks waktu sekarang. Dalam konteks ini peneliti mengkaji dari pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas mengenai konsep pendidik dalam ta’dib dan merelevansikannya dengan konteks pendidik di Indonesia saat ini. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)Pendidik bukan hanya seorang pengajar (mu’allim) yang tugasnya mentransfer ilmu pengetahuan saja, melainkan juga seseorang yang melatih jiwa dan kepribadian peserta didik dengan cara memiliki kepribadian dan adab yang baik sehingga mampu dijadikan teladan bagi peserta didiknya. 2)Relevansi konsep ta’dib dilaksanakan di Indonesia adalah untuk mencapai tujuan pendidikan Islam, dimana pendidik PAI tidak hanya sekedar mahir dalam menghantarkan materi pelajaran PAI saja, namun juga menjadikan peserta didik berakhlak mulia sesuai dengan Al-Qur’an dan sunah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsep Pendidik, Syed Muhammad Naquib Al-Attas.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Nov 2014 16:07
Last Modified: 02 Aug 2017 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum