PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SMK

ANITA KURNIASIH , NIM. 07600031 (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SMK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SMK )
07600031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 MATERI PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SMK )
07600031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan Compact Disk (CD) Pembelajaran yang berkualitas berupa bahan ajar matematika berbasis multimedia dengan menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Program Linear. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pleret serta beberapa guru sebagai penilai kualitas CD Pembelajaran yang dikembangkan. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural rancangan Borg & Gall yang terdiri atas tiga tahap utama, yaitu tahap perencanaan, pengembangan, dan validasi produk. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas CD Pembelajaran yaitu lembar angket yang mencakup aspek pendidikan, tampilan program, dan kualitas teknis. Kualitas CD Pembelajaran dinilai oleh ahli materi dan pembelajaran, ahli media, dan 32 siswa kelas XI. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Skor rata-rata CD Pembelajaran diubah menjadi kategori nilai sehingga kualitas CD Pembelajaran dapat ditentukan melalui konversi skor rata-rata data dengan kategori nilai tersebut. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa telah dihasilkan CD Pembelajaran yang memenuhi kriteria kualitas. Kualitas CD Pembelajaran yang dihasilkan secara keseluruhan adalah Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan . Persentase keidealan tiap aspek yaitu 87.13% pada aspek kualitas teknis dengan kategori Sangat Baik (SB), 85.37% pada aspek tampilan program dengan kategori Sangat Baik (SB), dan 84.12% pada aspek pendidikan dengan kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian tersebut, maka CD Pembelajaran matematika yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar dalam pembelajaran matematika di SMK. Kat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: M. Abrori, S. Si, M. Kom
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Adobe Flash CS 6, Program Linear
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Nov 2014 01:25
Last Modified: 27 Jan 2016 02:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14627

Actions (login required)

View Item View Item