EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DILENGKAPI DENGAN MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK

BADIATUS SOLIKHAH , NIM. 07600074 (2014) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DILENGKAPI DENGAN MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DILENGKAPI DENGAN MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK )
07600074_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DILENGKAPI DENGAN MEDIA POCKET BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK )
07600074_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika menggunakan metode Learning Start with a Questions (LSQ) dan metode konvensional terhadap pemahaman konsep dan partisipasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Pretest-Posttest control group design. Variabel penelitian meliputi variabel bebas berupa metode pembelajaran Learning Start with a Questions (LSQ) pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Sedangkan variabel terikat berupa pemahaman konsep dan partisipasi peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN Giriloyo Imogiri Bantul Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak kelas dan diperoleh kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian berupa tes dan skala partisipasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Learning Start with a Questions (LSQ) dilengkapi dengan media pocket book lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional ditinjau dari peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Sedangkan pada aspek partisipasi pembelajaran menggunakan Learning Start with a Questions (LSQ) dilengkapi dengan media pocket book tidak lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan partisipasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Iwan Kuswidi, M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Learning Start with a Questions(LSQ), pocket book, pemahaman konsep, partisipasi.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Nov 2014 01:40
Last Modified: 27 Jan 2016 02:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item