NILAI – NILAI NASIONALISME DALAM FILM GARUDA DI DADAKU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA MI ( 9 – 12 TAHUN)

IKA BUDI PRASETYAWATI, NIM. 09480042 (2014) NILAI – NILAI NASIONALISME DALAM FILM GARUDA DI DADAKU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA MI ( 9 – 12 TAHUN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (NILAI – NILAI NASIONALISME DALAM FILM GARUDA DI DADAKU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA MI ( 9 – 12 TAHUN))
09480042_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka... rev.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (NILAI – NILAI NASIONALISME DALAM FILM GARUDA DI DADAKU DAN RELEVANSINYA TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA MI ( 9 – 12 TAHUN))
09480042_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir ... rev.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

IKA BUDI PRASETYAWATI, Nilai-nilai Nasionalisme dalam Film Garuda di Dadaku dan Relevansinya Terhadap Perkembangan Anak Usia MI (9-12 tahun). Skripsi. Yogyakarta : Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai nasionalisme terhadap diri anak tidak hanya dapat disampaikan melalui pelajaran di sekolah, akan tetapi dapat disampaikan melalui media film. Film Garuda di Dadaku mengangkat tema tentang nilai nasionalisme seorang anak kecil bernama Bayu yang sangat ingin masuk Timnas U-13 dan memakai kaos berlambang Garuda di dadanya hal tersebut menunjukan bahwa dalam film tersebut terdapat pesan-pesan edukatif yang dapat diambil oleh penontonnya. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai nasionalisme yang terdapat dalam film Garuda di Dadaku, dan bagaimana relevansinya terhadap anak usia 9-12 tahun. Penelitian ini untuk mendiskripsikan nilai-nilai nasionalisme dalam film Garuda di Dadaku dan merelevansikannya dengan perkembangan anak usia 9-12 tahun agar dapat menambah pengetahuan dan dapat digunakan untuk memupuk semangat nasionalisme dalam diri anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berdasarkan studi kepustakaan (Library Research) dengan mengambil subyek film dengan judul “Garuda di Dadaku” dengan menggunakan pendekatan herminionit. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan cara dokomentasi dan analis data menggunakan analisis ini (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai nasionalisme diantaranya : Kesadaran dan semangat cinta tanah air, memiliki kebanggaan sebagai bangsa, memiliki rasa solidaritas dan kekurang beruntungan saudara setanah air, sebangsa, dan senegara, dan persatuan dan kesatuan. Adapun relevansinya terhadap perkembangan anak usia MI (9-12 tahun) adalah berkembangnya kemampuan intelektual, perkembangan bahasa, perkembangan sosial, perkembangan emosi, perkembangan moral, perkembangan penghayatan keagamaan, dan perkembangan motoriknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Asnafiyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nilai, Nasionalisme, Film.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Nov 2014 01:39
Last Modified: 24 Feb 2017 07:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14629

Actions (login required)

View Item View Item