PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT PALUR KARANGANYAR TAHUN 2007

WAHID ROHMAD - NIM. 00390483, (2008) PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT PALUR KARANGANYAR TAHUN 2007. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT PALUR KARANGANYAR TAHUN 2007)
BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH VARIABEL BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BMT PALUR KARANGANYAR TAHUN 2007)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

ABSTRAK Upaya peningkatan usaha dengan melalui strategi pemasaran adalah hal yang lazim oleh suatu lembaga keuangan. Salah satu alternatif yang dapat digunakan pihak lembaga keuangan syariah dalam upaya meningkatkan jumlah nasabahnya adalah menggunakan bauran pemasaran yang mencakup produk, harga, lokasi, promosi dalam strategi pemasaran produknya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh produk, harga, lokasi, promosi terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah pada BMT Palur, secara simultan dan parsial. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji dari variabel-variabel tersebut yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah pada BMT Palur. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif, dengan populasi penelitian 50 nasabah pembiayaan murabahah pada BMT Palur. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumen. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengukur setiap item variabel penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif untuk mendeskripsikan variabel penelitian dan teknik analisis regresi berganda, dengan F-test dan t-test untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Tingkat signifikansi yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 0,05. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh bahwa : (1) secara simultan, produk, harga, lokasi dan promosimempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah pada BMT Palur (p=0,023 0,05); (2) secara parsial, produk, harga, lokasi dan promosi, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah pada BMT Palur (p=0,020 0,05; p=0,028 0,05; p=0,047 0,05; p=0,031 0,05; (3) variabel harga (t hitung = 2,860; koefisien standar (Beta) = 0,658) dan proses (t hitung = 2,768; koefisien standar (Beta) = 0,748) merupakan variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap terhadap keputusan nasabah mengambil pembiayaan murabahah pada BMT Palur. Kesesuaian antara harapan dengan kenyataan yang dirasakan nasabah setelah menggunakan pembiayaan pada BMT Palur akan menciptakan kepuasan pada diri konsumen. Nasabah yang puas akan menjadi sarana penyampaian informasi yang efektif dan efisien bagi calon pembeli berikutnya. Dengan demikian, secara tidak langsung BMT Palur akan memperoleh keuntungan dengan adanya penyampaian informasi secara langsung antara nasabah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing I : DRS. YUSUF KHOIRUDDIN, SE., M.Si. ; Pembimbing II : SYAFIQ MAHMADAH HANAFI, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: variabel Bauran, Pemasaran, Nasabah, Murabahah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jun 2012 09:36
Last Modified: 10 May 2016 03:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item