PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MAJALAH MANGGALA PENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) ( STUDI KASUS CV. ADITYA MEDIA YOGYAKARTA )

RANDHI PRATAMA , NIM. 06660030 (2014) PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MAJALAH MANGGALA PENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) ( STUDI KASUS CV. ADITYA MEDIA YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MAJALAH MANGGALA MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) ( STUDI KASUS CV. ADITYA MEDIA YOGYAKARTA ))
06660030_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka_2 --- rev.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU MAJALAH MANGGALA MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENTS PLANNING (MRP) ( STUDI KASUS CV. ADITYA MEDIA YOGYAKARTA ))
06660030_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

CV. Aditya Media Yogyakarta merupakan perusahaan yang bergerak di bidang percetakan dan penerbitan, salah satu produknya yaitu Majalah Manggala. Agar produksi dapat berjalan sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya, maka perusahaan membutuhkan suatu perencanaan bahan baku. Dalam penelitian ini terdapat masalah mengenai persediaan bahan baku, dimana terjadi keterlambatan pengiriman bahan baku dalam hal ekspedisi. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem perencanaan bahan baku yang tepat dan dapat meminimasi biaya persediaannya yaitu dengan metode MRP (Material Requirements Planning). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik lot sizing mana yang menghasilkan biaya paling minimum dari persediaan bahan baku. Sumber data berasal dari sumber internal perusahaan. Teknik analisis yang dilakukan yaitu dengan mengeplot data permintaan masa lalu, peramalan dan MRP (Material Requirements Planning). Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan dari ketiga metode lot sizing yang digunakan (Lot for Lot, Part Period Balancing dan Algoritma Wagner Within). Metode lot sizing Algoritma Wagner Within menghasilkan biaya total persediaan paling minimum untuk setiap bahan baku Majalah Manggala pada CV. Aditya Media Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yandra Rahadian Perdana, M.T.,
Uncontrolled Keywords: CV. Aditya Media Yogyakarta, Perencanaan bahan baku, Persediaan bahan baku, MRP (Material Requirements Planning), Lot Sizing
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Nov 2014 08:56
Last Modified: 23 Mar 2016 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum