PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK) ISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET)

CECEP JAENUDIN , NIM. 11420073 (2014) PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK) ISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK) ISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET))
FILE 1_BAG.DEPAN, BAB I, BAB IV, DAPUS, LAMPIRAN_CECEP JAENUDIN_NIM. 11420073.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN BAHASA ARAB DI TK (TAMAN KANAK – KANAK) ISLAM TERPADU SALMAN AL-FARISI 1 UMBULHARJO YOGYAKARTA (TINJAUAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET))
FILE 2_BAB II, BAB III_CECEP JAENUDIN_NIM. 11420073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Cecep Jaenudin, 11420073, “Pengajaran Bahasa Arab di TK Islam Terpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta (Tinjauan Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget)”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014 Dewasa ini ada banyak sekolah – sekolah yang mulai megajarkan bahasa asing dalam pembelajarannya. Bahkan peserta didik dalam kategori pra sekolahpun mulai dikenalkan dengan bahasa – bahasa asing tersebut. Orang tua atau guru mungkin akan senang manakala anaknya mulai mahir dalam menggunakan bahasa asing. Namun apakah pengajaran bahasa asing pada anak usia pra sekolah sudah sesuai dengan perkembangan kognitifnya. TK Islam Terpadu Salman Al –Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta merupakan salah satu sekolah swasta yang mulai mengenalkan bahasa Arab kepada para peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pengajaran bahasa Arab di TK Islam Terpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta dan menjelaskan bagaimana pandangan teori perkembangan kognitf Jean Piaget terhadap proses pengajaran tersebut. Penelitian lapangan ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan studi kasus di TK Islam Terpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun sumber data dan subyek penelitian ini meliputi: kepala sekolah, dewan guru dan peserta didik TK Islam Terpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta. Analisis data bersifat deduktif (memakai teori yang sudah mapan sebagai pisau analisis pada data lapangan) dan induktif (mengumpulkan data-data di lapangan untuk selanjutnya dianalisis dan ditarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pengajaran bahasa Arab di TK Islam Terpadu salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta sebagian besar mengacu pada prinsip teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Dalam Teori tersebut dikatakan bahwa anak pada usia pra sekolah sudah memiliki fungsi simbolik dan intuitif yang aktif. Kedua fungsi ini yang dapat membantu peserta didik dalam melakukan pemerolehan bahasa kedua. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan perkembangan kognitif peserta didik. Metode pengajaran yang dilakukan oleh guru adalah metode yang dapat meningkatkan peran aktif peserta didik dalam pembelajarannya. Namun para guru harus senantiasa melakukan kreasi dalam proses pengajarannya, hal ini guna memupuk minat peserta didik dalam mempelajari bahasa arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : TK Islam Terpadu Salman Al – Farisi 1 Umbulharjo Yogyakarta Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Nov 2014 09:07
Last Modified: 05 May 2017 08:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum