ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN BERDASARKAN INDEKS KERAGAMAN POPULASI GASTROPODA DI BAGIAN TENGAH SUNGAI GAJAHWONG DAN KALI KUNING YOGYAKARTA

RICA RAHMAWATI, NIM. 07640039 (2014) ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN BERDASARKAN INDEKS KERAGAMAN POPULASI GASTROPODA DI BAGIAN TENGAH SUNGAI GAJAHWONG DAN KALI KUNING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN BERDASARKAN INDEKS KERAGAMAN POPULASI GASTROPODA DI BAGIAN TENGAH SUNGAI GAJAHWONG DAN KALI KUNING YOGYAKARTA)
07640039_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TINGKAT PENCEMARAN BERDASARKAN INDEKS KERAGAMAN POPULASI GASTROPODA DI BAGIAN TENGAH SUNGAI GAJAHWONG DAN KALI KUNING YOGYAKARTA)
07640039_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sungai GajahWong dan Kali Kuning di Yogyakarta sangat dekat dengan aktivitas sehari-hari masyarakat, bahkan sungai ini menerima limbah-limbah dari pertanian, perumahan dan industri. Adanya aktivitas tersebut menjadikan sungai ini telah mengalami tingkat pencemaran. Tujuan penelitian ini untuk menentukan tingkat pencemaran Sungai Gajahwong dan Kali Kuning bagian tengah berdasarkan indeks keragaman gastropoda. Selain itu penelitian ini, juga untuk mengetahui karakteristik parameter fisika-kimiawi dan hubungan parameter fisika-kimiawi Sungai Gajahwong dan Kali Kuning bagian tengah terhadap keragaman spesies gastropoda. Sampel diambil dari 4 stasiun penelitian uji, pengambilan sampel gastropoda menggunakan teknik kicking. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Gastropoda 5 spesies yaitu Sulcospira testudinaria, Anantome helena, Pleurocera sp, Melanoides tuberculata, dan Melanoides granifera. Indeks keragaman Shannon-Wienner yang didapat berkisar 1,09 – 1,31 hal ini menandakan bahwa tingkat pencemaran pada Sungai Gajahwong dan Kali Kuning bagian tengah termasuk tercemar sedang. Indeks keragaman Simpson yang didapat berkisar 0, 58 – 0, 71 hal ini menandakan bahwa terdapat tingkat pencemaran yang sedang dan berat. Adapun terjadi pencemaran yang berat terletak pada Kali Kuning Babarsari. Hasil penilaian parameter fisika-kimiawi pada keempat stasiun antara lain; kecepatan arus berkisar antara 0,50 - 0,83 m/s, suhu air berkisar antara 27-28,70C, DO berkisar 2,11-6,42 mg/l, Nilai pH berkisar 6-6,83, Nilai jeluk pada penelitian berkisar antara 15-28 cm. Hubungan parameter fisika – kimiawi terhadap keragaman spesies gastropoda adalah terjadi korelasi negatif dan positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eka Sulistiyowati, S.Si, M.A, M.IWM
Uncontrolled Keywords: Pencemaran, Indeks keragaman Shannon-Wienner dan Simpson , Gastropoda, Sungai Gajahwong, Kali Kuning
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Nov 2014 09:17
Last Modified: 07 Mar 2016 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14636

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum