PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA

NURYANI - NIM. 03470591, (2008) PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI TK ABA SAPEN YOGYAKARTA)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dalam rangka penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pengembangan metode pembelajaran pendidikan Islam di TK ABA Sapen Yogyakarta dan penerapan metode pembelajaran pendidikan Islam di TK ABA Sapen Yogyakarta. Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian lapangan (field research), dengan subyek penelitian ini adalah Guru, Kepala Sekolah dan juga siswa TK ABA Sapen Yogyakarta. Penulis mengungkapkan realitas metode pembelajaran yang terjadi di TK, dimana seorang guru TK sebelum melaksanakan program kegiatan belajar terlebih dahulu perlu memperhatikan tujuan program kegiatan belajar anak TK dan ruang lingkup program kegiatan belajar anak TK. Sebagaimana tujuan program belajar anak TK adalah untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, ketrampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkunganya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran di lembaga pendidikan ini tergolong variatif, dalam taraf pendidikan pra sekolah. Terbukti dengan aktivitas siswa yang diajak bermain sambil belajar. Hal itu dapat membangkitkan semangat, sehingga siswa tidak merasa bosan dengan kegiatan belajar mengajar saja, akan tetapi juga dikenalkan dengan alam sekitar dan juga penggunaan metode hafalan surat-surat pendek serta hadist nabi yang diajarkan sejak dini. Hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Kemudian pengembangannya terlaksana dengan terintegrasi dari beberapa tema pembahasan yang diajarkan secara menarik dan dihubungkan dengan Pendidikan Islam yang sesuai dengan ideologi sekolah serta didukung Sumber Daya Manusia (SDM) guru dengan pengalaman yang cukup matang, juga dilengkapi dengan fasilitas sekolah yang cukup memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode, pembelajaran pendidikan Islam, TK ABA
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 Jun 2012 14:47
Last Modified: 15 Mar 2017 01:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item