TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN (STUDI KASUS DI BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA)

TAUFIK ARIFIN , NIM. 09240005 (2014) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN (STUDI KASUS DI BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN (STUDI KASUS DI BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA))
09240005_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (29MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP MANAJEMEN KEUANGAN (STUDI KASUS DI BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA))
09240005_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)

Abstract

Penelitian dengan judul Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Manajemen Keuangan (Studi Kasus di Bank Perkreditan Rakyat Syariah Mitra Cahaya Indonesia) adalah sebuah sistem ekonomi yang dasar operasionalnya berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Adapun dalam pengelolaan keuangan dari perusahaan tersebut berdasarkan manajemen yang profesional berasaskan syari’at Islam. Kemudian, secara mendasar dengan keterkaitan dari judul penelitian ini untuk menguji prinsipprinsip ekonomi Islam terhadap sistem pengelolaan manajemen keuangan yang ada pada BPRS Mitra Cahaya Indonesia. Dari penjelasan tersebut ada dua pertanyaan penelitian yang dijawab, yakni 1) Bagaimana kondisi manajemen pengelolaan keuangan pada BPRS Syari’ah Mitra Cahaya Indonesia? Bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap manajemen keuangan di Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Mitra Cahaya Indonesia? Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi kondisi manajemen pengelolaan keuangan pada BPRS Syari’ah Mitra Cahaya Indonesia dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap manajemen keuangan di Bank Perkreditan Rakyat Syari’ah Mitra Cahaya Indonesia. Dari pada itu, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, yang menjaskan makna dari apa yang diteliti pada kajian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kontens isi yang dapat dilaporkan adalah laporan keuangan pada BPRS Mitra Cahaya Indonesia yang meliputi aktivitas pembiayaan (Financing Activity), dan aktiva Investasi (Activity Investment). Kemudian, setelah mengetahui laporan tersebut maka tinjauan ekonomi islam terhadap manajemen keuangan memiliki persepktif yang terdiri dari prinsip ekonomi Islam dan pengelolaan keuangan perspektif Islam. Pada sub akhir dilengkapi dengan analisis terhadap pengelolaan keuangan terdiri dari tantangan perbankan syari’ah di era global dan penguatan manajemen sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Okrisal Eka Putra, Lc, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ekonomi Islam dan Manajemenn Keuangan.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Nov 2014 09:32
Last Modified: 04 Dec 2015 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum