PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISW A KELAS XI IPA PADA MATERI STATISTIKA

NURKHOLIS LISTYA HARTONO , NIM. 09600021 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISW A KELAS XI IPA PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISW A KELAS XI IPA PADA MATERI STATISTIKA)
09600021_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK SISW A KELAS XI IPA PADA MATERI STATISTIKA)
09600021_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif matematika berbasis pendidikan karakter sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas XI IP A pada materi statistika. Konsep karakter yang dikembangkan dalam penelitian pengembangan ini adalah karakter religius, cinta tanah air, mandiri dan rasa ingin tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis pendidikan karakter sebagai sumber belajar mandiri untuk siswa kelas XI IPA pada materi statistika serta mengetahui kualitas dan respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif matematika yang telah dikembangakan. Penelitian ini melibatkan ahli media pembelajaran yang terdiri dari beberapa dosen, ahli materi yang terdiri dari dosen dan guru mata pelajaran serta siswa kelas XI IPA SMA N egeri 1 Caw as Klaten. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang meliputi tahap (1) Analysis (meliputi: analisis kurikulum, analisis materi, dan analisis laboratorium), (2) Design (meliputi: pengumpulan materi, menyusun story board, penyusunan desain tampilan, menyusun instrumen penilaian, validasi instrumen penilaian), (3) Development (meliputi: menyiapkan komponen media, membangun halaman media, menyusun materi, memberikan Action Script, menyusun halaman evaluasi, memberikan efek suara, menyatukan halaman media, compile file dalam bentuk exe, burning media pembelajaran, penilaian ahli), ( 4) Implementation (meliputi: uji kelompok kecil dan uji kelompok besar), (5) Evaluation (meliputi: analisis kualitas dan respon siswa). Produk media pembelajaran dinilai oleh ahli materi, ahli media dan memperoleh respon siswa yang masuk dalam kategori sangat baik, dengan rincian sebagai berikut: penilaian ahli media dan materi sangat baik dengan presentase keidealan 88,23% dan 85%, keterkaitan konsep pendidikan karakter sangat baik dengan presentase keidealan 85,42%, penilaian terhadap kualitas sumber belajar mandiri sangat baik dengan presentase keidealan 84,54%, kualitas keseluruhan sangat baik dengan presentase keidealan 86,49%, respon siswa terhadap media pembelajaran sangat baik dengan presentase keidealan sebesar 89,25% untuk uji kelompok kecil dan 95,37% untuk uji kelompok besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sintha Sib Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash CS 3 Professional, Pendidikan Karakter, Sumber Belajar Mandiri, Statistika, ADDIE.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 26 Nov 2014 07:26
Last Modified: 27 Jan 2016 03:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14671

Actions (login required)

View Item View Item