APLIKASI METODE QUANTUM WRITING GAYA-SUPER ACCELERATED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH TSANAWIYAH PABELAN MAGELANG

PRAJOKO APRILIANTO - NIM. 03420227, (2008) APLIKASI METODE QUANTUM WRITING GAYA-SUPER ACCELERATED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH TSANAWIYAH PABELAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (APLIKASI METODE QUANTUM WRITING GAYA-SUPER ACCELERATED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH TSANAWIYAH PABELAN MAGELANG)
BAB I, BAB IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI METODE QUANTUM WRITING GAYA-SUPER ACCELERATED LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN INSYA DI MADRASAH TSANAWIYAH PABELAN MAGELANG)
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas metode pembelajaran Quantum Writing gaya-Super Accelerated Learning bila diterapkan terhadap pembelajaran Insya' di madrasah Tsanawiyah Pabelan Magelang. Untuk mengetahui efektifitas metode tersebut dilakukan uji perbedaan antara hasil materi Insya' kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan metode Quantum Writing gaya-Super Accelerated Learning) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan metode Quantum Writing gaya-Super Accelerated Learning) pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pabelan Magelang. Populasi dalam penelitian ini hanya siswa kelas VIII B1 dan B2 Madrasah Tsanawiyah Pabelan Magelang tahun pelajaran 2006/2007. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity) dan uji reliabilitas. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus Kolmogorov-Smirnov, sedangkan untuk uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji F. Dan analisis data dengan menggunakan rumus uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi Insya', siswa dalam kelompok ekperimen dengan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dalam perbedaan skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 74,00 pada tes tulis dan 79,80 pada tes lisan. Sedangkan untuk kelompok kontrol sebesar 64,00 pada tes tulis dan 60,80 pada tes lisan. Dari data peningkatan kemampuan hasil balajar Insya' tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 13,2 pada tes tulis dan 20,2 pada tes lisan. Sedangkan kelompok kontrol hanya sebesar 4,8 pada tes tulis dan 8,4 pada tes lisan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa antara kelas yang menggunakan metode Quantum Writing gaya-Super Accelerated Learning dalam pembelajaran Insya' dengan kelas yang tanpa menggunakan metode Quantum Writing gaya-Super Accelerated Learning mempunyai perbedaan yang signifikan. Sehingga metode Quantum Writing gaya-Super Accelerated Learning dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Insya'.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Zainal Arifin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Quantum writing, Pembelajaran Insya'
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jun 2012 08:38
Last Modified: 31 Mar 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1469

Actions (login required)

View Item View Item