POLA PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MAHASISWA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IMAM SYAFI'I) YOGYAKARTA

PRIYANTA - NIM. 04471163, (2008) POLA PENGEMBANGAN PONDOK PESANTREN MAHASISWA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN IMAM SYAFI'I) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan yang melatar belakangi dan langkah-langkah yang ditempuh dalam pola pengembangan pondok pesantren Imam Syafi'i, serta untuk mengetahui pola yang berhasil dikembangkan di pondok pesantren Imam Syafi'i. Hasil dari penelitian diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pola pengembangan pondok pesantren bagi para pemerhati pendidikan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah segala sesuatu itu berkembang di dalamnya ada proses tumbuh, adaptasi, seleksi,dan persaingan (pola fakir evolusioner). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi pondok pesantren Imam Syafi'i Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Interview (wawancara), observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif Analitik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Alasan yang melatar belakangi pola pengembangan pondok pesantren Imam Syafi'i Yogyakarta adalah adanya pola pengembangan yang inklusifisme dengan masyarakat, tuntutan dan penyesuaian di lingkungan pondok pesantren, dan keinginan dan usaha dari diri pemimpin dalam mengembangkan pondok pesantren dalam rangka memelihara sunnah Nabi. (2) Langkah-langkah yang ditempuh dalam pengembangan pondok pesantren Imam Syafi'i adalah dilakukan dengan meninjau kembali Al-Qur'an dan al-Hadits atas sikap dan perilaku pihak pondok pesantren Imam Syafi'i pada tahun-tahun pertama, menambah bangunan dan melengkapi sarana-prasarana atau fasilitas di pondok pesantren Imam Syafi'i, merumuskan kembali manajemen pengelolaan pondok pesantren Imam Syafi'i, dan mengembangkan sistem pengajaran di pondok pesantren Imam Syafi'i. (3). Pola yang berhasil dikembangkan di pondok pesantren Imam Syafi'i Yogyakarta adalah : semakin dekatnya hubungan sosial antara pihak pondok pesantren dengan anggota masyarakat, begitu juga pimpinan dengan mahasiswa di pondok pesantren Imam Syafi'i, bertambahnya bangunan dan semakin lengkapnya fasilitas di asrama pondok pesantren Imam Syafi'i, bisa berjalannya manajemen pengelolaan pondok pesantren di pondok pesantren Imam Syafi'i, dan sistem pengajaran yang lebih mengarah pada tercapainya tujuan yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pola pengembangan di pondok pesantren Imam Syafi'i telah dilakukan, meskipun belum berjalan secara maksimal namun tetap dilakukan perbaikan. Saran penulis adalah hendaklah mempertahankan materi-materi pendidikan agama Islam dan kegiatan-kegiatan yang selama ini telah diselenggarakan karena materi-materi dan kegiatan-kegiatan tersebut telah sesuai dengan landasan pendidikan agama Islam yaitu al-Qur'an dan as-Sunnah yang shahih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. H. Muhammad Rofangi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Ponpes mahasiswa
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1471

Actions (login required)

View Item View Item