KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM

ANISA DWI MAKRUFI , NIM. 1220411168 (2014) KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM )
1220411168_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( KONSEP PEMBELAJARAN MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB DALAM KAJIAN PENDIDIKAN ISLAM )
1220411168_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Anisa Dwi Makrufi, Konsep Pembelajaran Multiple Intelligences Perspektif Munif Chatib dalam Kajian Pendidikan Islam, Tesis, Yogyakarta: Konsentrasi Pendidikan Agama Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa sistem pendidikan di Indonesia (pada umumnya) belum mampu menjadi solusi bagi keterbelakangan sosial dan moral masyarakatnya. Salah satu solusi untuk memperbaiki degradasi moral yaitu melalui model pendidikan yang manusiawi, yaitu pendidikan yang mengakomodir potensi kecerdasan manusia yang bersifat jamak (multiple intelligences). Dalam penelitian ini, penulis mengkaji teori multiple intelligences yang dikembangkan oleh Munif Chatib. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menganalisis buku-buku karangan Munif Chatib, wawancara, dan mengumpulkan data dari sumber lain yang relevan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pedagogik Psikologi. Teknik analisis data yang digunakan ialah content analisys dilanjutkan pada deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, desain konsep pembelajaran berbasis Multiple Intelligences (perspektif Munif Chatib) di sekolah, secara global meliputi tiga tahap penting, yaitu: input, proses dan output. Pada tahap input, menggunakan Multiple Intelligences Research (MIR) dalam penerimaan peserta didik barunya. Tahapan yang kedua adalah tahapan pada proses pembelajaran, dimana nantinya gaya mengajar gurunya harus sama dengan gaya belajar peserta didikya. Pada tahap output, dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences penilaiannya menggunakan penilaian autentik. Penilaian autentik adalah sebuah penilaian terhadap sosok utuh seorang peserta didik yang bukan diukur dari segi kognitifnya saja melainkan juga diukur dari segi afektif dan psikomotorik peserta didik. Kedua, pendidikan berbasis kecerdasan jamak relevan diterapkan dalam pendidikan Islam baik yang bersifat mikro maupun makro. Islam mempunyai konsep fitrah dalam hal mengembangkan potensi manusia, dan konsep fitrah inilah yang harus dibimbing ke arah yang baik, salah satunya dengan metode pembelajaran multiple intelligences. Secara umum, metode yang dapat digunakan pada pendidikan Islam (PAI) harus mengacu pada jenis kecerdasan peserta didik. Adapun beberapa bentuk evaluasi dalam pembelajaran PAI yang sesuai dengan multiple intelligences adalah portofolio, penilaian selama proses belajar, dan soal tertulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Usman S.S, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2014 11:43
Last Modified: 24 Apr 2015 17:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14712

Actions (login required)

View Item View Item