KONSEP PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN NILAI KARAKTER

YOYOK AMIRUDIN, S.Pd.I , NIM. 1220411170 (2014) KONSEP PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN NILAI KARAKTER. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN NILAI KARAKTER)
1220411170_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PEMIKIRAN ABDURRAHMAN WAHID TENTANG PENDIDIKAN NILAI KARAKTER)
1220411170_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)

Abstract

Dewasa ini pendidikan di berbagai jenjang mengalami degradasi moral. Yakni, hilangnya sikap toleransi, sikap keberanian, sikap percaya diri. Kekerasan atas nama agama masih saja terjadi, sikap intoleran juga ditunjukkan warga Syiah yang bertempat tinggal di Madura. Dalam pendidikan sekolah kita melihat permasalahan yang tidak menunjukkan perilaku baik di lingkungan sekolah. Seperti contoh, kasus Jakarta International School (JIS), anarkisme siswa di SD Bukittinggi dan SD Temanggung. Berangkat dari permasalahan di atas, maka penelitian menjadi urgen untuk dilakukan. Adapun focus penelitian ini adalah: 1. Faktor-faktor apa yang melatarbelakangi pemikiran Abdurrahman Wahid tentang pendidikan nilai karakter? 2. Nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam pemikiran Abdurrahman Wahid? 3. Bagaimana sumbangan pemikiran pendidikan nilai karakter Abdurrahman Wahid terhadap pendidikan karakter bangsa? Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Sumber data primer berasal dari karya-karya Abdurrahman Wahid dan sumber sekunder berasal dari publikasi ilmiah berupa buku-buku, jurnal, artikel, dan hasil penelitian lain yang berkaitan dengan pemikiran Abdurrahman Wahid. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan dokumentasi dan mengidentifikasi karya-karya Abdurrahman dan mengklasifikasi nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pemikiran Abdurrahman Wahid. Untuk teknik analisis data menggunakan content analysis dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Abdurrahman Wahid dipengaruhi oleh: Pertama, faktor keluarga sangat mempengaruhi Abdurrahman Wahid dalam berfikir maupun sikap . Kedua, Keilmuan timur dan barat telah mempengaruhi pemikiran Abdurrahman Wahid semisal pribumisasi Islam, Islam segai etika sosial, hubungan Islam dan Pancasila, demokrasi, dan toleran. Nilainilai universal dalam Islam bagi Abdurrahman Wahid adalah muatan dari berbagai ajaran dalam Islam yang selalu mengedepankan kepedualian yang tinggi terhadap nilai-nilai kemanusiaan dan keterbukaan yang penuh kearifan dari peradaban. Alhasil, nilai-nilai karakter seperti toleran, tanggung jawab, nasionalis, keadilan, kasih sayang, membela kaum lemah terbiasa dilakukan oleh Abdurrahman Wahid. Peneliti berharap, penelitian ini dapat dijadikan wawasan pemikiran, acuan, dan rujukan tentang nilai-nilai pendidikan karakter dan dapat menjadi kontribusi bagi diri sendiri, orang tua, pendidikan dan lembaga pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Abdurrahman Wahid, Pendidikan Nilai Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Nov 2014 11:47
Last Modified: 29 Apr 2015 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14713

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum