PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE LANGSUNG DI PONDOK PESANTREN PUTRA IBNUL QOYYIM TEGALYOSO SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL TAHUN AKADEMIK 2007-2008 (Tinjauan Efektifitas Metode)

QAIMAH - NIM. 03420232, (2008) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE LANGSUNG DI PONDOK PESANTREN PUTRA IBNUL QOYYIM TEGALYOSO SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL TAHUN AKADEMIK 2007-2008 (Tinjauan Efektifitas Metode). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode langsung di Pondok Pesantren Putra Ibnul Qoyyim Tegalyoso Sitimulyo Piyungan Bantul. Karena sudah banyak lembaga pendidikan di seluruh Indonesia yang menerapkan metode ini dalam mengajarkan bahasa Asing, walau telah digunakan sejak dahulu tetapi banyak para guru dan yang terkait dalam bidang pendidikan yang kurang mengetahui kapan dan di mana metode ini relevan dan efektif untuk digunakan, sehingga terkadang penggunaannya tidak tepat sasaran dan tidak mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal inilah yang menjadikan penulis tertarik untuk menggali dan meneliti faktor apa saja yang bisa dilakukan oleh suatu lembaga pendidikan yang menerapkan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab pada khususnya dan bahasa Asing pada umumnya supaya berjalan dengan efektif serta sampai pada tujuan yang hendak dicapai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan terhadap penelitian sebelumnya. Yang membedakan adalah pada penelitian ini fokusnya pada efektifitas penggunaan metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Putra Ibnul Qoyyim Tegalyoso Sitimulyo Piyungan Bantul, sedang penelitian sebelumnya membahas tentang penerapan beberapa metode termasuk metode langsung dalam pembelajaran bahasa Arab dan belum menyoal ulang efektifitas metode yang digunakan. Obyek dari penelitian ini adalah proses pembelajaran dengan menggunakan metode langsung di Pondok Pesantren Putra Ibnul Qoyyim. Jika dilihat dari segi cara, penelitian ini termasuk penelitian studi kasus. Jika ditinjau dari segi tempat penelitian, termasuk dalam penelitian lapangan.Dan bila dilihat dari sifat data yang ada termasuk penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang lebih menekankan pada data yang bersifat kualitatif dan menggunakan analisis kualitatif dalam memaknai dan menganalisa data yang ada. Teknik pengambilan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode langsung di Pondok Pesantren Putra Ibnul Qoyyim bisa berjalan dengan efektif, selain itu untuk mengetahui apakah penerapan metode ini mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab para santrinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode langsung di Pondok Pesantren Putra Ibnul Qoyyim Tegalyoso Sitimulyo Piyungan Bantul bisa dikatakan berjalan cukup efektif, karena mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Arab para santrinya dan mampu menjadikan santrinya berbicara dan berinteraksi dengan bahasa Arab sesuai dengan tujuan pembelajarannya. disamping beberapa kekurangan yang harus ditingkatkan dan diperbaiki untuk mencapai efektifitas yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Langsung
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1473

Actions (login required)

View Item View Item