IMMOBILISASI DITHIZON PADA SILIKA GEL TERAKTIVASI HC DAN APLIKASINYA TERHADAP ADSORPSI ION LOGAM Pb(II) DAN Cu(II)

SOFIYANAH , NIM. 09630044 (2014) IMMOBILISASI DITHIZON PADA SILIKA GEL TERAKTIVASI HC DAN APLIKASINYA TERHADAP ADSORPSI ION LOGAM Pb(II) DAN Cu(II). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMMOBILISASI DITHIZON PADA SILIKA GEL TERAKTIVASI HC DAN APLIKASINYA TERHADAP ADSORPSI ION LOGAM Pb(II) DAN Cu(II))
09630044_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMMOBILISASI DITHIZON PADA SILIKA GEL TERAKTIVASI HC DAN APLIKASINYA TERHADAP ADSORPSI ION LOGAM Pb(II) DAN Cu(II))
09630044_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Immobilisasi dithizon pada silika gel teraktivasi HCl dan aplikasinya terhadap adsorpsi ion logam Pb(II) dan Cu(II) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter silika gel teraktivasi dan silika terimmobilisasi dithizon, parameter yang mempengaruhi kemampuan optimum adorpsi, kapasitas adsorpsi logam tunggal dan multikomponen oleh silika aktif serta silika terimmobilisasi dithizon. Aktivasi silika gel dilakukan dengan menambahkan HCl 5M untuk meningkatkan fungsi gugus silanol pada permukaan silika. Parameter adsorpsi yang dipelajari dalam penelitian ini meliputi pengaruh pH, waktu kontak dan kapasitas adsorpsi dari silika gel teraktivasi dan silika terimmobilisasi dithizon terhadap ion logam Pb(II) dan Cu(II) dalam keadaan tunggal maupun multikomponen. Karakteristik yang dilakukan pada penelitian ini meliputi analisis dengan menggunakan spektrofotometri Inframerah (FTIR), Difraksi Sinar-X (XRD), dan AAS. Kapasitas adsorpsi silika teraktivasi dan silika terimmobilisasi dithizon ditentukan dengan menggunakan model isoterm Langmuir dan model isoterm Freundlich. Berdasarkan penelitian hasil karakterisasi dengan FTIR menunjukkan bahwa silika gel yang telah teraktivasi HCl ditunjukkan adanya perubahan pergesaran bilangan gelombang 3433,29 cm-1 ke bilangan gelombang yang lebih besar 3448,72 cm-1. Hasil karakterisasi silika terimmobilisasi dithizon menunjukkan gugus –NH, -SH, dan C=N. Karakterisasi dengan XRD dithizon dapat dilihat dengan adanya pergeseran 2θ atau bergeser ke kiri. Kondisi optimum adsorpsi ion logam Pb(II) oleh silika teraktivasi dan silika terimmobilisasi dithizon pada pH 5, waktu interaksi selama 1 jam, dan konsentrasi 10 ppm. Adsorpsi optimum ion logam Cu(II) oleh silika gel teraktivasi dan silika terimmobilisasi dithizon yaitu pada pH 5 selama 1 jam pada konsentrasi 8 ppm. Adsorpsi logam multikomponen ion logam Pb(II) lebih kompetitif dan kemampuan adsorpsinya lebih banyak dari ion logam Cu(II) yaitu sebanyak 2,639 mg/L.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Pedy Artsanti, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: imobilisasi, dithizon,silika gel, adsorpsi, ion logam Pb (II), dan ion logam Cu(II).
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 11:20
Last Modified: 18 Feb 2016 08:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum