PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL)

NANANG PERMANA , NIM. 08660034 (2014) PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL))
08660034_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE BALANCED SCORECARD ( STUDI KASUS : RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL))
08660034_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Rumah sakit merupakan bentuk organisasi pengelola jasa pelayanan kesehatan individual secara menyeluruh. Didalam organisasinya terdapat banyak aktivitas yang diselenggarakan oleh petugas berbagai jenis profesi, baik profesi medik, paramedik maupun non-medik. Untuk dapat menjalankan fungsinya, diperlukan suatu sistem manajemen menyeluruh yang dimulai dari proses perencanaan strategi, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Suatu perencanaan strategi bisa dikatakan baik jika perencanaan tersebut dapat ditindak lanjuti secara praktis kedalam program-program operasional yang berorientasi kepada Economic, Equity, Quality. Artinya rumah sakit dikelola secara efektif dan efisien melayani segala lapisan masyarakat dan berkualitas. Memasuki era globalisasi perdagangan, pimpinan rumah sakit di Indonesia perlu memfokuskan strategi perencanaan, pengorganisasian, pengoperasian, dan pengendalian sehingga benar-benar siap menghadapi daya saing di tingkat global. Didalam era tersebut, para konsumen bebas menentukan rumah sakit mana yang mampu memberikan pelayanan memuaskan, profesional dengan harga bersaing, sehingga strategi dan kinerja rumah sakit pun harus berorientasi pada keinginan pelanggan. Maka dengan itu diterapkannya balanced scorecard yang diharapkan dapat menjawab tuntutan dan tantangan jaman. Balanced Scorecard merupakan salah satu alat perancangan strategi yang mampu menyatukan perspektif yang ada untuk mencapai visi yang diinginkan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja perusahaan jika diukur dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Nur Hidayah. Metode penelitian yang digunakan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kepustakaan, dan pengambilan data dari tahun 2011-2013. Hasil menunjukkan perspektif keuangan sudah cukup baik karena mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, dan dalam perspektif pelanggan, pada akuisisi pelanggan dinilai belum maksimal, sedangkan dari retensi pelanggan, dinilai sudah baik untuk mempertahankan jumlah dan kepuasan pelanggan; Rumah Sakit Nur Hidayah sudah cukup baik dalam menangani keluhan pelanggan. Pada perspektif proses bisnis internal,nilai dari BOR (Bed Occupancy Rate) BTO (Bed Turn Over Rate) TOI (Turn Over Interval) ALOS (Average Length of Stay) GDR (Gross Death rate) NDR (Net Death Rate) sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan RI No.983/MenKes/SK/XI/1992. perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sasaran strategic yang digunakan adalah Retensi karyawan, Tingkat Kinerja Karyawan dan Tingkat Kepuasan kerja karyawan. Sasaran strategic yang belum mencapai standart target yang ditetapkan adalah kepuasan kerja karyawan. Hasil pengukuran kinerja dari empat perspektif Balanced Scorecard, diketahui bahwa kinerja perusahaan dinilai cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Ira Setyaningsih, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: balanced scorecard, pengukuran kinerja, perspektif.
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Dec 2014 04:50
Last Modified: 23 Mar 2016 04:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14743

Actions (login required)

View Item View Item