KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR TENTANG ALAT DAN SIMBOL BAHAN KIMIA LABORATORIUM KIMIA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN, TAHUN AJARAN 2013/2014

ELIA SUCI RAHAYU , NIM. 10670030 (2014) KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR TENTANG ALAT DAN SIMBOL BAHAN KIMIA LABORATORIUM KIMIA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN, TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR TENTANG ALAT DAN SIMBOL BAHAN KIMIA LABORATORIUM KIMIA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN, TAHUN AJARAN 2013/2014)
10670030_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PSIKOMOTOR TENTANG ALAT DAN SIMBOL BAHAN KIMIA LABORATORIUM KIMIA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN, TAHUN AJARAN 2013/2014)
10670030_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan kognitif peserta didik tentang alat dan simbol bahan kimia laboratorium kimia dan (2) mengetahui kemampuan psikomotor peserta didik mengenai keterampilan menggunakan alat dan bahan kimia sesuai simbol bahan kimia di laboratorium kimia SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan dua variabel yaitu kemampuan kognitif dan kemampuan psikomotor tentang alat dan simbol bahan kimia laboratorium kimia. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas XI IPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah peserta didik 158. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 peserta didik yang diambil secara acak di masing-masing kelas. Data penelitian diperoleh dengan teknik ujian, observasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan hanya untuk mendukung data kemampuan kognitif dan psikomotor yang telah diperoleh. Kemampuan kognitif peserta didik tentang alat dan simbol bahan kimia diketahui dengan mengujikan instrumen soal kepada peserta didik. Butir soal terdiri dari nama alat, fungsi alat, dan simbol bahan kimia. Kemampuan psikomotor diketahui dengan melakukan observasi ketika peserta didik melakukan kegiatan praktikum di laboratorium kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif tentang alat dan simbol bahan kimia laboratorium kimia peserta didik SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen adalah 61,66% dengan kriteria baik. Spesifikasi data kemampuan kognitif tersebut menunjukkan kemampuan kognitif tentang nama alat-alat kimia masuk kriteria baik dengan persentase 61,40%, fungsi alat kimia masuk kriteria baik dengan persentase 60,46%, dan simbol bahan kimia masuk kriteria baik yaitu 62,25%. Berdasarkan hasil observasi, kemampuan psikomotor peserta didik SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen masuk kriteria baik dengan persentase 69,76%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Irwan Nugraha, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Kemampuan Psikomotor, Alat dan Simbol Bahan Kimia, Laboratorium Kimia
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Dec 2014 06:07
Last Modified: 23 Feb 2016 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14747

Actions (login required)

View Item View Item