UJICOBA MODUL KIMIA UNTUK SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E

JENNY CITRA NINGRUM , NIM. 10670024 (2014) UJICOBA MODUL KIMIA UNTUK SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UJICOBA MODUL KIMIA UNTUK SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E)
10670024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UJICOBA MODUL KIMIA UNTUK SMK KELOMPOK TEKNOLOGI KELAS X MATERI POKOK MATERI DAN PERUBAHANNYA DENGAN MODEL LEARNING CYCLE 5E)
10670024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan lanjutan yang menggunakan model ADDIE dimana tahap 1 sampai 3 telah dilakukan peneliti sebelumnya yang menghasilkan produk berupa Modul untuk SMK Kelompok Teknologi Kelas X Materi Pokok Materi dan Perubahannya dengan Model Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap tampilan modul, dan minat berpraktikum peserta didik menggunakan modul. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah peserta didik dari kelas X Teknik Kendaraan Ringan 1 (TKR1) dan Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang merupakan SMK Kelompok Teknologi. Pemilihan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket minat berpraktikum, angket respon terhadap modul, soal tertulis serta lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan respon positif dari peserta didik terhadap tampilan fisik modul dan minat dengan presentase sebesar 72,25% dan 80,49% serata 81,80% dan 82,44% dengan kriteria peraspek baik (B) untuk masingmasing kelas sedangkan untuk hasil belajar peserta didik menggunakan modul tidak menunjukkan hasil yang memuaskan dengan tingkat ketuntasan peserta didik dimasing-masing kelas yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal(KKM) sebesar 51,85% dan 9%.. Penelitian ini juga menghasilkan masukkan dari peserta didik maupun pendidik kimia terhadap modul serta observer yang mengamati jalannya proses pembelajaran dalam berbagai hal, salah satunya dalam hal desain dan juga kejelasan materi yang kemudian ditindak lanjuti oleh peneliti dengan cara merevisi modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Khamidinal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ujicoba, Modul, Learning Cycle 5E, SMK Kelompok Teknologi.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Dec 2014 06:26
Last Modified: 23 Feb 2016 02:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14748

Actions (login required)

View Item View Item