PENDIDIKAN BERBASIS I INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) /I DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA (Kajian Atas Konsep dan Strategi Pengelolaan Kelas)

QORI FAUZIAH HIJRIAH - NIM. 03470570, (2008) PENDIDIKAN BERBASIS I INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) /I DI SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA (Kajian Atas Konsep dan Strategi Pengelolaan Kelas). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penerapan konsep pendidikan berbasis ICT dan strategi pengelolaan kelas ICT di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tolak ukur bagi sekolah dalam melihat sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan program ICT berikut dijadikan bahan pertimbangan dalam pengembangan ICT lebih lanjut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari dokumentasi, wawancara dan observasi ini kemudian dianalisis. Hasil analisis dipaparkan dalam bentuk uraian naratif tanpa menggunakan bilangan statistic. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pendidikan berbasis ICT di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berupa program kelas ICT merupakan sebuah terobosan baru untuk menciptakan proses belajar mengajar yang lebih komunikatif, variatif dan komprehensif dengan menggunakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang dapat berupa jaringan internet dan intranet yang digunakan sebagai media dalam pembelajarannya. (2) Kelebihan program kelas ICT dibandingkan dengan program kelas reguler antara lain adalah efisiensi waktu dan efektivitas dalam pembelajaran. Penyampaian materi disajikan lebih riil dengan teknologi komputer karena sample-sample bisa divisualisasikan secara 3D yang bisa digerakkan dan tampak dari segala arah. Kelebihan yang lain adalah dalam program kelas ICT peserta didik dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang, dengan kondisi yang demikian itu peserta didik dapat lebih memantapkan penguasaannya terhadap materi pembelajaran. (3) Program kelas ICT di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam hal konsep sudah cukup baik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pendidikan yang ditargetkan oleh sekolah. (4) Pengelolaan kelas pada program kelas ICT di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berbeda dengan program kelas reguler. Hal tesebut dapat terlihat dari disain kelas, sistem dan metode pembelajaran, serta fasilitas yang disediakan. (5) Pendidikan Islam dalam hal ini perlu turut serta dalam memperhatikan perkembangan sains dan teknologi untuk pembentukan kepribadian umat Islam pada saat ini serta memperluas wawasan dan menambah ketaqwaan siswa kepada Allah SWT. Dengan adanya pendidikan berbasis ICT diharapkan pendidikan Islam terus dapat berkembang dan dapat melahirkan generasi baru sesuai dengan perkembangan dunia tanpa melupakan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Dr. Abdur Rachman Assegaf.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan berbasis ICT
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1475

Actions (login required)

View Item View Item