PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI PADA SUB MATERI HEWAN INVERTEBRATA FILUM ARTHROPODA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

ATIK NURSYARIFAH , NIM. 10680015 (2014) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI PADA SUB MATERI HEWAN INVERTEBRATA FILUM ARTHROPODA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI PADA SUB MATERI HEWAN INVERTEBRATA FILUM ARTHROPODA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680015_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI BIOLOGI PADA SUB MATERI HEWAN INVERTEBRATA FILUM ARTHROPODA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
10680015_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menyusun ensiklopedi biologi pada sub materi hewan invertebrata filum Arthropoda yang memenuhi kriteria kualitas ensiklopedi yang baik. (2)Mengetahui kualitas ensiklopedi biologi sub materi hewan invertebrata filum Arthropoda berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media peer reviewerdan guru biologi SMA/MA. Serta mengetahui respon siswa terhadap ensiklopedi biologi sub materi hewan Invertebrata Filum Arthropoda. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang meliputi tahap ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementationdan Evaluation) tetapi hanya dibatasi pada tahap ADDE. Instrumen penilaian kualitas yang digunakan pada ensiklopedi ini berdasarkan pada kriteria isi/materi, penyajian, bahasa dan keterbacaan, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis datayang dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 siswa MA Kelas X. Penilaian ensiklopedi ini menggunakan desain analisis deskriptif kualitatif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah berhasil penyusunan sumber belajar mandiri berupa ensiklopedi biologi pada sub materi hewan invertebrata filum Arthropoda. Penilaian kualiatas sumber belajar oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, guru giologi MA dan 3 peer reviewer adalah sangat baik (SB) dengan persentase keidealan masing-masing yaitu 90,67 %, 83,64%, 88%dan 85 %. Hasil respon siswa terhadap sumber belajar adalah 78,84 % mempunyai kategori baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ensiklopedi biologi ini dapat digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sulistiyawati, S. Pd. I. , M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pengembangan, ensiklopedi biologi, sumber belajar mandiri, Filumarthropoda
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 13:40
Last Modified: 04 Mar 2016 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14754

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum