PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

LILIS CHOLISOH , NIM. 10690024 (2014) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS)
10690024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN STRATEGI PREDICT DISCUSS EXPLAIN OBSERVE DISCUSS EXPLAIN (PDEODE) DAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS)
10690024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh penggunaan strategi PDEODE dibandingkan dengan strategi SGD pada pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed dengan tema “Cahaya Dalam Kehidupan” terhadap kemampuan berpikir kritis; 2) Pengaruh motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE dibandingkan dengan kelas yang menggunakan SGD terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain the nonequivalent pretest-posttest design, dengan variabel bebas berupa strategi pembelajaran PDEODE dan SGD, variabel moderatornya adalah tingkat motivasi belajar tinggi dan tingkat motivasi belajar rendah, serta variabel bebas penelitian adalah kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTsN Yogyakarta II tahun pelajaran 2013/2014, yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling yakni melalui undian, sehingga terpilih kelas VIII C sebagai kelas eksperimen I yang menerapkan strategi pembelajaran PDEODE dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II yang menerapkan strategi pembelajaran SGD. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan nontes (angket). Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah lembar soal pretest-posttest kemampuan berpikir kritis dan lembar angket motivasi belajar. Instrumen pembelajaran yang disusun meliputi silabus, RPP, dan LKS. Teknik analisis data soal pretest-posttest menggunakan statistik inferensial ANAVA dua jalur dengan sel tak sama dan tanpa interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi PDEODE dan SGD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai Fhitung adalah 9,67 lebih besar daripada Ftabel (2-tailed) yaitu 3,89. Rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang menggunakan strategi SGD (137,31) lebih tinggi daripada siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE (117,85); 2) Motivasi belajar siswa di kelas yang menggunakan strategi PDEODE dan SGD berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai Fhitung adalah 10,62 lebih besar daripada Ftabel (2-tailed) yaitu 3,89. Baik di kelas yang menggunakan strategi PDEODE maupun strategi SGD, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi (137,78) lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (117,78).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Fatimah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran IPA Terpadu tipe webbed, Strategi PDEODE, Strategi SGD, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 13:48
Last Modified: 15 Feb 2016 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14757

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum