TINJAUAN PSIKOLOGIS TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN RASULULLAH SAW

APRIN NUUR FAAIZUN , NIM. 10410094 (2014) TINJAUAN PSIKOLOGIS TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN RASULULLAH SAW. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN PSIKOLOGIS TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN RASULULLAH SAW)
10410094_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN PSIKOLOGIS TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN RASULULLAH SAW)
10410094_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Aprin Nuur Faaizun. Tinjauan Psikologis Terhadap Model Pembelajaran Rasulullah SAW. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah melunturnya nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari sehingga umat Muslim mengalami krisis identitas dan tidak tahu harus berpegang pada apa. Terutama bagi para remaja yang sedang mengalami masa pencarian identitas. Ketidak pastian ini menjadikan pedoman pada apa saja yang paling dekat dengan remaja menjadi pilihannya. Pendidikan yang telah diberikan untuk mengatasi permasalahan tersebut belum sepenuhnya meresap dalam jiwa para remaja. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran Rasulullah SAW dan bagaimana tinjauan psikologis terhadap model pembelajaran Rasulullah SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Rasulullah SAW dan mengetahui tinjauan psikologis terhadap model pembelajaran Rasulullah SAW. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan, yang bersifat deskriptif-analisis. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, menelaah data, memverifikasi data, kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Model pembelajaran Rasulullah SAW sarat dengan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, atau disebut dengan PAIKEM. (2) Tinjauan psikologis terhadap model pembelajaran Rasulullah SAW dapat dilihat dari teori-teori belajar psikologi pendidikan, yaitu: Teori belajar tingkah laku relevan dengan model pembelajaran Rasulullah SAW dalam hal memperhatikan tingkah laku dari para sahabat, pengkondisian belajar dan pemberian hadiah dan hukuman; Teori belajar kognitif relevan dengan model pembelajaran Rasulullah SAW dalam hal memperhatikan pemahaman dan cara berfikir para sahabat; dan Teori belajar humanistik relevan dengan model pembelajaran Rasulullah SAW dalam hal melibatkan pribadi peserta didik seutuhnya dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: tinjauan psikologis, model pembelajaran, model Rasulullah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Dec 2014 14:43
Last Modified: 02 Aug 2017 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum