TINJAUAN MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DIFABEL (STUDI DI PANTI II YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA)

MUHAMMAD KHOIRUL WAHDIN , NIM. 09350088 (2014) TINJAUAN MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DIFABEL (STUDI DI PANTI II YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DIFABEL (STUDI DI PANTI II YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA))
09350088_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DIFABEL (STUDI DI PANTI II YAYASAN SAYAP IBU YOGYAKARTA))
09350088_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tidak semua keluarga memiliki seorang ayah dan ibu yang mampu menjalankan perannya dengan baik, hal initerlihat dariadanyapenelantaran anak difabel, yang ditemukan langsung oleh masyarakat, kemudian oleh masyarakat dibawa ke kantor Polisi, selanjutnya oleh Polisi dibawa ke Dinas Sosial Yogyakarta, oleh Dinas Sosial Yogyakarta dibawa ke Yayasan Sayap Ibu untuk dilindungi,dirawat, dan dibimbing kemampuan anak difabel. Dua pokok masalah utama dalam pembahasan skripsi ini adalah berkaitan dengan perlindungananak difabel yang dilakukan para pengasuh dan pimpinan yayasan,dan tinjauan maqâsid asy-syari’ah terhadap perlindungan anak difabeldi Panti II Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kategori penelitian field research yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari kegiatan lapangan.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi secara langsung dan wawancara kepada responden dalam bentuk tertulis dan lisan, kepada pihak pimpinan, para pengasuh dan staf yang ada di Panti II Yayasan Sayap Ibu Yogyakarta. Sifat penelitian ini adalah preskriptif yaitu penelitian yang ditunjukan untuk mendapat gambaran mengenai perlindungan anak difabel yang dilakukan oleh pimpinan dan para pengasuh yayasan, sesuai atau tidak dengan ketentuan maqâsid asy-syari’ah, dan undang-undang positif Indonesia. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan normatif dan yuridis. Pendekatan normatif yaitu berlandaskan al-Qur‟an, al-Hadisdan kaidahkaidah fiqh. Pendekatan yuridis berlandaskan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, Kompilasi Hukum Islam, Undang-undang Nomor 19 Tahun 2011 tentang Disabilities. Analisis datapenelitian ini, menggunakan metode analisisinduktifdeduktif, yaitu analisis yang bertolak pada data yang bersifat khusus, kemudian diambil penjabaran yang bersifat umum, yakni dengan melihat proses perlindungan anak difabeldi yayasan ini, kemudian dianalisis dengan sudut pandang hukum Islam dengan menguatkan teori maqâsid asy-syari’ah. Perlindungan anak difabel yang dilakukan oleh para pengasuh dan pimpinan, diwujudkan dengan: dilindungi hak untuk memperoleh keyakinan dalam beragama. Dilindungi hak untuk kehidupan jiwa dengan dipenuhi kebutuhan jasmani. Dilindungi akalnya dengan dipenuhinya pendidikan. Dilindungi nasab anak difabel dari penelantaran oleh orang tuanya sendiri, dengan dibina dan dirawat. Dilindungi hak harta dengan dikelolanya berbagai macam bantuan, kemudian dialokasi untuk mencukupi kebutuhan anak difabel.Perlindungan yang dilakukan oleh pimpinan dan para pengasuh Panti II Yayasan Sayap Ibu Yogyakartasesuai dengan maqâsid asysyari’ah, mencakup lima unsur pokok: hifz din(perlindungan terhadap agama), hifz nafs (perlindungan terhadap jiwa), hifz‘aql (perlindungan terhadap akal), hifz nasl(menjaga keturunan) dan hifz māl (perlindungan terhadap harta).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: SITI DJAZIMAH, S.Ag., M.S.I.
Subjects: Peradilan Islam
Peradilan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Dec 2014 08:44
Last Modified: 20 Apr 2016 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum