AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH " LAYSA LAHA MAKAN FI AL JANNAH " LI NAWAL AL SA'DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD)

TEGUH LUHUR ING BUDI, NIM. 09110027 (2014) AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH " LAYSA LAHA MAKAN FI AL JANNAH " LI NAWAL AL SA'DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH " LAYSA LAHA MAKAN FI AL JANNAH " LI NAWAL AL SA'DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FI AL QISSAH AL QASIRAH " LAYSA LAHA MAKAN FI AL JANNAH " LI NAWAL AL SA'DAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH LI SIGMUND FREUD))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (592kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Asy Syakhshiyatu Al Raisiyyatu Fi Al Qissati Al Qasirati “LaisaLaha Makan Fi Al Jannati” Li Nawal Al Saadawi (Tahliliyyah Nafsiyyah Li Sigmund Freud). Keberadaan struktur kepribadian tokoh utama adalah hal yang penting untuk diamati karena tokoh utama sebagai sosok yang mendominasi alur cerita. Di sisilain, keberadaan isi, pesan, dan wacana yang terkandung dalam cerpen atau jenis karya sastra lain dipengaruhi oleh gejolak kepribadian atau psikis dari tokoh utama. Skripsi ini bertujuan untuk mengungkapkan struktur kepribadian tokoh utama di dalam cerpen “Laisa Laha Makan Fi Al Jannah”, tempat tokoh utama menghadapi gejolak id, ego, dan superego dalam dirinya. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer yang dimaksud dalam penelitian ini adalah cerpen “Laisa Laha Makan Fi Al Jannah” karya Nawal Al Saadawi, sedangkan data sekunder berupa buku, jurnal, kamus, dan penelitian terdahulu yang terkait dengan objek materil dan objek formal penelitian. Analisis yang digunakan dalam skripsi ini berupa analisis deskriptif. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikoanalisis Sigmund Freud. Produk yang dihasilkan adalah citra kemalangan seorang wanita dan ketidak adilan atau pertentangan gender yang dialaminya. Skripsi ini juga menghasilkan catatan bahwa Zainab sebagai tokoh utama cerpen karya Nawal Al Saadawi memiliki porsi id dominan, yang secara tidak langsung menggambarkan kelabilan kepribadiannya. Ego (yang dimiliki Zainab) adalah salah satu unsur struktur kepribadian paling sedikit dalam cerpen ini dan secara tidak langsung menggambarkan bahwa kepribadian Zainab belum mampu merespon realitas kehidupan yang nyata. Superego yang Nampak dalam cerpen ini adalah sikap dan tindakannya yang patuh terhadap orang tua dan suami (yang direpresentasikan dengan ucapan “ya” setiap kali diperintah untuk melakukan sesuatu yang memberatkan) dan ketaatan untuk tidak melakukan sesuat yang dilarang Tuhan dan agamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Psikologi, kepribadian
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Dec 2014 08:30
Last Modified: 28 Jul 2015 15:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum