PENERAPAN PENDEKATAN I CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) /I DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 9 KARANGKAJEN YOGYAKARTA i (CLASSROOM ACTION RESEARCH) /i

M. WAHYUDI KHAIRANI - NIM. 02420998, (2008) PENERAPAN PENDEKATAN I CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) /I DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII B SMP MUHAMMADIYAH 9 KARANGKAJEN YOGYAKARTA i (CLASSROOM ACTION RESEARCH) /i. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Uji coba Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mulai digulirkan pada tahun 2004 dan kemudian disempurnakan menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada tahun 2006 menunjukan perlu disempurnakan dengan pendekatan pembelajaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah suatu konsep pembelajaran yang mengaitkan isi mata pelajaran dengan situasi dunia nyata dan memotivasi pembelajar untuk membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga, warga negara, dan tenaga kerja. CTL mempunyai prinsip bahwa, bahasa harus diajarkan dengan komunikatif dan pengajaran bahasa harus menyenangkan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan CTL dalam pengajaran bahasa Arab mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 9 Karangkajen Yogyakarta, selaku subyek penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah beserta staf, Guru pengampu mata pelajaran bahasa Arab, dan siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 9 Karangkajen Yogyakarta. Adapun proses pengambilan data-data yag dibutuhkan, dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket untuk data kualitatif. Sedangkan, penilaian pre test dan post test untuk pengumpulan data kuantitatif. Selanjutnya, data-data yang telah diperoleh tersebut akan diproses melalui analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil pemahaman sebelum (pre test) dan sesudah (post test) pelaksanaan tindakan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya signifikansi peningkatan pemahaman siswa terhadap materi bahasa Arab. Hasil post test, setelah pelaksanaan tindakan, dari 34 siswa kelas VIII B yang mengikuti pelajaran bahasa Arab dengan penerapan pendekatan CTL, sebanyak 26 siswa atau 81,25% siswa mampu memenuhi standar SKBM (6,5) yang ditetapkan, bahkan ada 5 orang siswa yang mendapat nilai 10. Hal ini menjadi bukti bahwa hasil penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator kinerja. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning mampu meningkatkan pemahaman materi bahasa Arab pada siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah 9 Karangkajen Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. H. A. Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: CTL, Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1485

Actions (login required)

View Item View Item