DEFINING EDDIE: PERSONALITY TRAIT ANALYSIS IN MITCH ALBOM’S THE FIVE PEOPLE YOU MEET IN HEAVEN

SITI MARFUNGAH , NIM. 10150033 (2014) DEFINING EDDIE: PERSONALITY TRAIT ANALYSIS IN MITCH ALBOM’S THE FIVE PEOPLE YOU MEET IN HEAVEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( DEFINING EDDIE: PERSONALITY TRAIT ANALYSIS IN MITCH ALBOM’S THE FIVE PEOPLE YOU MEET IN HEAVEN )
10150033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( DEFINING EDDIE: PERSONALITY TRAIT ANALYSIS IN MITCH ALBOM’S THE FIVE PEOPLE YOU MEET IN HEAVEN )
10150033_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The Five People You Meet in Heaven adalah sebuah novel fiksi fantasi yang menceritakan tentang perjalanan kehidupan dunia dan akhirat dari seorang pria pengelola taman hiburan yang pincang bernama Eddie. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakterisasi Eddie sebagaimana dijelaskan di novel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitian dan membaca teliti sebagai teknik pengumpulan data. Analisis ini menggunakan pendekatan psikologi dengan mengaplikasikan teori karakter dan karakerisasi, teori psikologi sastra, serta teori sifat kepribadian dari Costa dan McCrae sebagai teori utama. Teori sifat kepribadian Costa dan McCrae mencetuskan sifat kepribadian secara spesifik yang terdiri dari lima dimensi utama: Kegelisahan, Ekstroversi, Keterbukaan untuk Pengalaman, Keramahan, and Kesadaran diri. Dimensi Keramahan merupakan dimensi terkuat yang ditemukan dalam karakterisasi Eddie. Di sisi lain, Eddie mempunyai dimensi Kegelisahan sebagaimana terlihat pada faset depresi, kemarahan, dan kecemasan; yang merupakan ketidaksempurnaan Eddie sebagai manusia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Eddie adalah karakter yang benar untuk kehidupan (true to life) dan memiliki kepribadian yang menyenangkan (agreeable) sebagaimana tercermin pada faset altruisme, kesimpatikan, kepercayaan, kepatuhan, dan kesederhanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Danial Hidayatullah M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: The Five People You Meet in Heaven, karakter, karakterisasi, sifat kepribadian, benar untuk kehidupan (true to life), menyenangkan (agreeable).
Subjects: Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sastra Inggris (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Dec 2014 15:14
Last Modified: 15 Oct 2015 13:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14894

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum