KESIAPAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta)

MOCHAMAD FAHMI - NIM. 03410174, (2008) KESIAPAN PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang kesiapan pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) Kotagede Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk untuk melakukan pembenahan dalam penerapan KTSP sehingga tercipta suasana baru yang lebih kondusif antara pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran PAI di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU) Kotagede Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu dengan penentuan subyek penelitian: 6 pendidik mata pelajaran PAI kelas X dan Kelas XI, 12 orang peserta didik dengan rincian 6 orang peserta didik kelas X dan 6 orang peserta didik kelas XI. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ditinjau dari kesiapan pedagogik terdapat 2 orang pendidik PAI berkategori siap dengan indikator: memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang KTSP, mampu menyusun silabus dan RPP (rencana pelaksanaan pembelajaran) dan mampu melaksanakan pembelajaran dengan penggunaan metode dan strategi pembelajaran. Sedangkan 4 orang pendidik PAI lainnya berkategori cukup siap dengan indikator memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang KTSP serta mampu melaksankan pembelajaran, namun masih lemah dalam menyusun silabus dan RPP. Adapun ditinjau dari kesiapan kepribadian, keenam pendidik yang diteliti berkategori siap dengan indikator: sehatt secara fisik dan mental, menunjukkan sikap arif dan berwibawa, memahami perbedaan kemampuan peserta didik, dan menyukai profesi keguruan. Sedangkan ditinjau dari kesiapan sosial, keenam pendidik yang diteliti berkategori cukup siap dengan indikator mampu menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik baik dikelas maupun di luar kelas, dapat berkomunikasi dengan rekan sesama pendidik, masayarakat maupun orang tua/wali peserta didik. Adapun ditinjau dari kesiapan profesional, keenam pendidik yang diteliti juga berkategori siap dengan indikator mampu menyusun buku teks wajib PAI berbahasa Arab sebagai bukti penguasaan materi PAI yang luas dan mendalam. (2) Untuk menunjang penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Ummah, Kepala Madrasah mengutus seluruh pendidik PAI MANU untuk mengikuti workshop implementasi KTSP di MAN Yogyakarta I. (3) Peserta didik dinilai dalam keadaan cukup siap secara fisik, mental, maupun pengetahuan dan kecakapan dasar untuk mengikuti pembelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Indikator kesiapannya antara lain: keterlibatan mereka secara aktif dalam pembelajaran PAI baik dalam diskusi kelompok di kelas, pembacaan teks kitab dan menjelaskannya serta pelaksanaan tugas dari pendidik untuk dikerjakan di asrama pelajar Pondok Pesantren Nurul Ummah. (4) Implementasi KTSP dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sudah mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2006-2007. Pada Tahun pelajaran 2007-2008 pengelola MANU berhasil menyusun draft Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta Tahun Pelajaran 2007-2008 yang telah disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan Kepala Bidang Mapenda Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi DIY. Adapun implementasi KTSP dalam pembelajaran PAI di MANU Kotagede meliputi empat kegiatan pokok yakni: (a) Pengembangan program bidang Keagamaan yang terdiri dari program Madrasah jangka pendek, jangka menengah, serta jangka panjang dan program pengembangan diri yang berupa kegiatan ekstrakulikuler keagamaan, (b) Pengembangan stategi implementasi untuk menunjang sasaran program madrasah dan program pengembangan diri, (c) Proses pembelajaran PAI di kelas yang terdiri dari tahap pre tes (pembukaan), kegiatan inti (pembentukan kempetensi), dan tahap post test, (d) Evaluasi pembelajaran yang mencakup tes tulis, tes hafalan (Juz Amma, Surat-surat tertentu, dan bacaan-bacaan Wirid), dan tes qiroatul kutub (pembacaan kitab).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: KTSP, PAI.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item