UPAYA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

SADIRMAN, NIM. 04471154 (2008) UPAYA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum dapat menentukan kualitas pengetahuan dan pengalaman yang memungkinkan seseorang mencapai kehidupan dan penghidupan yang lebih baik. Oleh karena itu demi tercapainya pendidikan yang berkualitas pemerintah meluncurkan kurikulum baru yang disebut kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yaitu kurikulum yang disusun dan dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan, namun bagaimanapun bagusnya sebuah kurikulum aktualisasinya ditentukan oleh profesionalisme serta upaya guru dalam melaksanakan pembentukan kompetensi peserta didik, karena guru merupakan the key person keberhasilan pelaksanaan pembelajaran . Itulah sebabnya penyusun berinisiatif melakukan penelitian tentang upaya guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan KTSP di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Yogyakarta karena secara keseluruhan SMP tersebut merupakan SMP paforit di Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan upaya guru PAI dalam mengeimplementasikan KTSP di SMP Negeri 9 Yogyakarta dan kendala-kendala apa saja yang ditemukan serta langkah-langkah solutif seperti apa yang ditempuh oleh guru PAI dalam mengatasi masalah yang ditemukan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Yogyakarta dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum dan guru PAI yang berjumlah dua orang. Dalam penelitian ini melibatkan seluruh subyek penelitian, sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis karena dengan anlisis dapat dengan mudah mendiskripsikan dan mengambil kesimpulan dan analisa ini dilakukan dengan pola berfipikir induktif dan deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh dalam skripsi ini adalah tentang upayaupaya guru PAI dalam mengimplementasikan KTSP yang meliputi; (1) Pengembangan program yang terdiri atas program tahunan, program semesteran dan program remedial. (2) Penyusunan silabus (3) Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP (4) Kegiatan belajar mengajar berbasis kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan hal-hal lain yang menjadi upaya guru PAI dalam rangka membentuk kompetensi peserta didik yang baik (5) kendala-kendala apa yang ditemukan dan sekaligus langkah slutif yang ditempuh dalam mengatasi permasalahan yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Siti Johariyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: KTSP, PAI, SMP N 9 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Sep 2015 03:42
Last Modified: 30 Sep 2015 03:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item