TANSIQ AL ALFAZ WA USLUB AL LUGHAH MIN HAYTHU AL MUSTALAHAT AL IQTISADIYYAH FI TARJAMAT AL KITAB " DAWABIT AL IQTISAD AL ISLAMIY FI MU'ALIJAH AL AZMAT AL MALIYYAH AL 'ALAMIYYAH " LI SAMIR MUDHIR KANTAKJI

SARMIATI , NIM. 07110015 (2014) TANSIQ AL ALFAZ WA USLUB AL LUGHAH MIN HAYTHU AL MUSTALAHAT AL IQTISADIYYAH FI TARJAMAT AL KITAB " DAWABIT AL IQTISAD AL ISLAMIY FI MU'ALIJAH AL AZMAT AL MALIYYAH AL 'ALAMIYYAH " LI SAMIR MUDHIR KANTAKJI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TANSIQ AL ALFAZ WA USLUB AL LUGHAH MIN HAYTHU AL MUSTALAHAT AL IQTISADIYYAH FI TARJAMAT AL KITAB " DAWABIT AL IQTISAD AL ISLAMIY FI MU'ALIJAH AL AZMAT AL MALIYYAH AL 'ALAMIYYAH " LI SAMIR MUDHIR KANTAKJI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (29MB) | Preview
[img] Text (TANSIQ AL ALFAZ WA USLUB AL LUGHAH MIN HAYTHU AL MUSTALAHAT AL IQTISADIYYAH FI TARJAMAT AL KITAB " DAWABIT AL IQTISAD AL ISLAMIY FI MU'ALIJAH AL AZMAT AL MALIYYAH AL 'ALAMIYYAH " LI SAMIR MUDHIR KANTAKJI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Diksi dan Gaya Bahasa Istilah-Istilah Perekonomian Dalam Penerjemahan Buku “Dhawabid Al-Iqtishodi Al-Islami Fi Mu‟alajatul Al- Azmat Al-Maliyyah Al-„Alamiyyah” Karya Samir Muzhir Kantakji” ini mengkaji permasalahan mengenai istilah-istilah perekonomian dari sudut pandang diksi dan gaya bahasanya. Permasalahan muncul ketika diksi itu sendiri dalam penerjemahan bukan hanya mengenai padanan kata dari bahasa sumber ke bahasa sasaran, akan tetapi memiliki cakupan yang lebih luas dalam menterjemahkan sebuah kata. Diharapkan penelitian ini dapat menghasilkan terjemahan, khususnya mengenai istilah-istilah perekonomian, yang tetap sesuai dengan teks sumber, tetapi mudah dipahami oleh pembacanya. Metode penerjemahan yang digunakan penulis adalah metode komunikatif. Sumber data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua, yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu buku Dhawabid al-Iqtishodi al-Islami Mu’alajatul Azmat al-Maliyyah Al’alamiyyah . Data sekundernya berupa kamus, buku-buku, jurnal, artikel ataupun literatur lainnya yang terkait dengan tema penelitian. Cara menganalisa datadata yang ada dalam buku tersebut adalah dengan menemukan derivasi katanya kemudian menentukan maknanya sesuai dengan maksud dari kata tersebut dalam bidang perekonomian.. Setelah melakukan analisa terhadap data-data mengenai istilah-istilah perekonomian tersebut, penulis menemukan bahwasanya menerjemahkan istilahistilah perekonomian dalam buku tersebut dapat dilakukan dengan tiga cara. Pertama, menggunakan kata asing yang telah diserap ke dalam bahasa Arab. Kedua, menggabungkan dua kata menjadi satu frase yang memunculkan makna tersendiri dalam ilmu perekonomian. Ketiga, menggunakan istilah perekonomian dalam bahasa Arab itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, M.Hum
Uncontrolled Keywords: alfat, uslub
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Dec 2014 09:08
Last Modified: 27 Jul 2015 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14928

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum