MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MEMAHAMI AL QUR'AN (STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DENGAN SISWA SMA MA'ARIF NU I KEMRANJEN BANYUMAS)

SIDAH NUR HALIMAH - NIM. 03420234, (2008) MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB UNTUK MEMAHAMI AL QUR'AN (STUDI KOMPARASI ANTARA SISWA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DENGAN SISWA SMA MA'ARIF NU I KEMRANJEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar bahasa Arab antara siswa Sekolah Menengah Atas Ma'arif NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta yang menghafal Al Qur'an. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Ma'arif NU I Kemranjen maupun siswa MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Dan pengambilan sampelnya menggunakan rancangan sampling non probabilitas berupa sampling purposive yaitu dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan pada strata, random atau daerah, tetapi didasarkan atas tujuan tertentu. Sampel yang diambil ialah yang menghafal Al Qur'an saja. Dari Sekolah Menengah Atas Ma'arif NU I Kemranjen Banyumas ada 15 siswa dan 15 siswa Madrasah Aliyah wahid Hasyim Yogyakarta. M etode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, waawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen menggunakan Uji Validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan Uji Reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan Uji Homogenitas dengan rumus uji Bartlet dan Uji Normalitas dengan rumus Chai Kuadrat. Dan analisis datanya menggunakan rumus Uji t . H a sil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa Sekolah Menengah Atas NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Dari hasil Uji t menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 0.456 dibedakan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2.05 maka thitung lebih kecil dari ttabel. Ini menunjukkan bahwa Hipotesis Alternatif ditolak maka Tidak ada perbedaan motivasi belajar bahasa Arab yang signifikan antara siswa Sekolah Menengah Atas NU I Kemranjen dan siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. H. Ahmad Rodli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, bahasa Arab, al-Qur'an.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

View Item View Item