OPTIMALISASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI di MA Walisongo Pecangaan Jepara)

SITI MUHAJAROH - NIM. 04471208-03, (2008) OPTIMALISASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI di MA Walisongo Pecangaan Jepara). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam suatu sekolah dan Madrasah sering dijumpai berbagai permasalahan, baik Internal maupun Eksternal. Masalah-masalah tersebut merupakan hambatan dalam usaha mencapai suatu tujuan pendidikan. Mengenai masalah belajar yang terjadi pada siswa, biasanya kurang memiliki kebiasaan yang baik, seperti: pengaturan waktu belajar, cara belajar kelompok, mempersiapkan ujian dan lain-lain. Untuk mencegah permasalahan tersebut. Layanan BK sangat dibutuhkan di Madrasah dan Sekolah. Berpijak dalam penerapan di atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya guru BK dalam mengatasi masalah belajar siswa di sekolah MA Walisongo Pecangaan Jepara. Dalam hal ini subyek penelitian yaitu: guru BK, kepala sekolah, siswa kelas XI MA Walisongo Pecangaan Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif diskriptif, dengan menggunkan metode Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu adanya beberapa upaya guru BK dalam mengatasi masalah belajar siswa kelas XI di MA Walisongo Pecangaan Jepara yang dapat dilihat melalui layanan guru BK. Adapun layanan yang digunakan guru BK di MA Walisongo Pecangaan Jepara menggunakan pola 17 yaitu satu berisi wawasan umum. 4 bidang layanan bimbingan konseling yaitu (bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, bimbingan karir). 7 jenis layanan (layanan orientasi, layanan informasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran, layanan konseling kelompok, layanan perorangan dan layanan bimbingan kelompok) BK dan 5 kegiatan pendukung (instrumen bimbingan, himpunan data, konferensi kasus, alih tangan dan kunjungan rumah). Yang dialami guru BK dalam mengatasi masalah belajar siswa meliputi: masalah kedisiplinan, masalah pemilihan jurusan bagi siswa yang bermasalah. Komunikasi dengan orang tua siswa kurang terbuka. Adapun upaya yang digunakan guru BK dalam mengatasi masalah belajar siswa kelas XI yaitu: memanggil siswa tersebut agar menghadap guru BK, melakukan identifikasi untuk mengenal siswa yang mengalami masalah belajar, memahami sifat dan jenis masalah belajar siswa, menetapkan latar belakang terjadinya masalah belajar, menetapkan usaha-usaha bantuan, melaksanakan bantuan, dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan dan konseling, masalah belajar siswa.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item