LAYANAN REHABILITASI VOKASIONAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 BANTUL

MOH. AMIQ AL FAHMI, NIM. 09220033 (2014) LAYANAN REHABILITASI VOKASIONAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN REHABILITASI VOKASIONAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 BANTUL)
09220033_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(1).pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN REHABILITASI VOKASIONAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB NEGERI 1 BANTUL)
09220033_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

Moh. Amiq Al Fahmi “Layanan Rehabilitasi Vokasional pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri 1 Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan rehabilitasi vokasional dalam meningkatkan ketrampilan bagi anak tunagrahita ringan yang ada di SLB Negeri 1 Bantul. Latar belakang dalam penelitian ini adalah dikarenakan Anak-anak berkebutuhan khusus yang berusia sekolah masih sangat sedikit yang menikmati layanan pendidikan. Hal ini dikarenakan Sikap masyarakat yang masih menganggap kecacatan itu sebagai aib dan banyak keluarga yang tidak mengizinkan anak-anak yang berkebutuhan khusus mengakses layanan pendidikan. Mereka menganggap anak yang memiliki kebutuhan khusus sosok yang tidak berdaya sehingga perlu dibantu dan dikasihani. Padahal pada hakikatnya anak yang memiliki kebutuhan khusus dalam kategori tunagrahita ringan masih mempunyai kesempatan untuk berkembang dengan penanganan dan pengajaran yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan yaitu dengan mengajarkanya berbagai macam ketrampilan atau yang biasa disebut dengan rehabilitasi vokasional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisiis data deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di SLB Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Ketua Jurusan Tunagrahita Ringan, bagian rehabilitasi, terapis dan beberapa Siswa Siswi Tunagrahita Ringan yang dipilih oleh peneliti. Tekhnik yang digunakan dalam interview dalam penelitian ini menggunakan tekhnik snawballing dimana keterangan pertama didapatkan dari ketua jurusan bagian Tunagrahita Ringan. Sedangkan data berupa gambar proses pemberian rehabilitasi dan beberapa hasil ketrampilan, dan alat pembantu yang digunakan diperoleh melalui metode dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk menggali data tentang profil SLB Negeri 1 Bantul. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak tunagrahita ringandapat masih dapat berkembang dan membuat ketrampilan dengan diberikan penanganan dan pengajaran yang tepat hal ini bisa dilihat dari hasil yang didapatkan peneliti dilapangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muchammad Choirudin, S.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Layanan Rehabilitasi Vokasional, Ketrampilan, Anak Tunagrahita
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:15
Last Modified: 20 Oct 2015 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum