LAYANAN INFORMASI SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF KENAKALAN REMAJA BAGI SISWA KELAS X DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA

MELKY SEDEK LASMIR, NIM. 10220060 (2014) LAYANAN INFORMASI SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF KENAKALAN REMAJA BAGI SISWA KELAS X DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN INFORMASI SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF KENAKALAN REMAJA BAGI SISWA KELAS X DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA)
10220060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text ( LAYANAN INFORMASI SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF KENAKALAN REMAJA BAGI SISWA KELAS X DI MAN LAB UIN YOGYAKARTA )
10220060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Melky Sedek Lasmir. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Susnan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini berjudul “Layanan Informasi sebagai Tindakan Preventif Kenakalan Remaja bagi Siswa Kelas X di MAN Lab UIN Yogyakarta”. Lembaga pendidikan adalah tempat untuk mendapatkan ilmu secara bersama-sama dengan pemberian materi yang sama untuk menanamkan pengetahuan secara bersama-sama tentang nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dimasyarakat supaya dapat hidup sejahtera. Untuk mencapai kehidupan yang sejahtera, harus ada bimbingan yang terarah. Bimbingan terarah ada dua yakni bimbingan terarah pengajaran dan bimbingan terarah konseling, bimbingan terarah pengajaran hanya terarah kepada pengajarannya saja sedangkan psikologis yang bersifat pribadi melalui bimbingan terarah konseling. Tindakan yang psikologis atau bersifat bribadi salah satunya disebabkan karena kurangnya informasi yang didapatkan oleh siswa, sehingga siswa bertindak negatif. Layanan informasi akan membatu siswa mencegah masalah melalui berbagai informasi yang disesuaikan kebutuhan siswa. Penelitian ini terfokus pada pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif kenakalan remaja bagi siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Adapun tujuan dari pernelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif kenakalan remaja bagi siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan dengan (participan observatiaon) melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk itu, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif karena melakukan pengamatan terhadap pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif kenakalan remaja. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan informasi sebagai tindakan preventif kenakalan remaja bagi siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta melalui beberapa langkah yaitu langkah persiapan, langkah pelaksanaan dan langkah evaluasi disertai tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dosen Pembimbing : Moch. Choirudin, S. pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Layanan Informasi dan Tindakan Preventif Kenakalan Remaja.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:26
Last Modified: 10 Nov 2015 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14953

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum