ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) KOPTAN BMT BAROKAH (MELALUI SUDUT PANDANG SWOT ANALYSIS)

RONI HIDAYAT , NIM. 09240020 (2014) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) KOPTAN BMT BAROKAH (MELALUI SUDUT PANDANG SWOT ANALYSIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) KOPTAN BMT BAROKAH (MELALUI SUDUT PANDANG SWOT ANALYSIS))
09240020_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH (LKMS) KOPTAN BMT BAROKAH (MELALUI SUDUT PANDANG SWOT ANALYSIS))
09240020_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)

Abstract

Roni Hidayat. Analisis Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) KOPTAN BMT Barokah (Melalui Sudut Pandang SWOT Analysis) Skripsi: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 2014. Lembaga Keuangan Mikro Syariah (selanjutnya ditulis LKMS) adalah lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan, kredit, pembayaran berbagai transaksi jasa serta transfer uang yang di tunjukan bagi masyarakat kurang mampu dan pengusaha kecil dengan mengunakan prinsip-prinsip syariah. BMT adalah bagian dari LKMS yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat menengah kebawah. KOPTAN BMT Barokah dulunya hanya merupakan Koprasi tani dengan nama KOPTAN Barokah yang berdiri pada tanggal 9 September 1999 dengan badan hukum No. 082/BH/KDK-12-1/IX/1999 Pada tahun 2001 KOPTAN Barokah mendapat pelatihan dan pendampingan dari Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK) Daerah Istimewa Yogyakarta yang bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Hasil Pertanian INSTIPER Yogyakarta melalui Priyek SEMIQUE III Dirjen DIKTI. Setelah mendapat pelatihan dan pendampingan tersebut kelompok tani Blawong sepakat untuk melalukan reposisi organisasi untuk menjadikan koperasi tani tersebut menjadi organisasi yang tangguh yaitu menjadi sebuah organisasi yang tidak tepaku pada produk pertanian saja melainkan meliputi usaha-usaha kecil lainya. Pada tanggal 1 oktober 2001 KOPTAN Barokah mengubah namanya menjadi KOPTAN BMT Barokah yang diresmikan oleh Bupati Bantul Bapak Idham Samawi. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan KOPTAN BMT Barokah dalam pengembangan lembaganya guna mensejahterakan anggotanya dalam mengahadapi perkembangan jaman. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data, melaui wawancara (interviw), metode observasi, dan metode dokumentasi. Selanjutnya data yang peroleh tersebut kemudian diedit, dikode, direduksi, diverifikasi, dan dianalisis, untuk selanjutnya diinterpretasi guna menyimpulkan data dengan tambahan-tambahan dan kemudian disajikan untuk dipertanggungjawabkan. Dari penelitian yang dilakukan di KOPTAN BMT Barokah dapat disimpulkan bahwa keadaan KOPTAN BMT Barokah cukup berkembang, dari hasil pengamatan lingkungan internal dan eksternal diketahui bahwa kekuatan(S) dan peluang(O) yang dimiliki KOPTAN BMT Barokah lebih besar dibangdingkan kelemahan(W) dan ancamannya(T) dengan selisih point (S)170 - (W)140 = 30, (O)175-(T)140 = 35, hal ini menunjukan bahwa KOPTAN BMT Barokah berada dalam strategi ofensif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Toriq Nurmadiansyah, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, Strategi dan SWOT.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:42
Last Modified: 03 Dec 2015 12:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14957

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum