MANAJEMEN PELATIHAN ORGANISASI DI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) SMA MUHAMMADIYAH BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

JUHAMSYAH, NIM. 09240041 (2014) MANAJEMEN PELATIHAN ORGANISASI DI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) SMA MUHAMMADIYAH BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELATIHAN ORGANISASI DI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) SMA MUHAMMADIYAH BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
09240041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELATIHAN ORGANISASI DI IKATAN PELAJAR MUHAMMADIYAH (IPM) SMA MUHAMMADIYAH BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
09240041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)

Abstract

Juhamsyah, 2014, skripsi, Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pembimbing: Achmad Muhammad, M.Ag. Penelitian yang berjudul “Manajemen Pelatihan Organisasi di Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMA Muhammadiyah Bantul Yogyakarta” merupakan upaya penulis untuk mengetahui bagaimana proses manajemen pelatihan organisasi yang yang diterapkan di IPM SMA Muhammadiyah Bantul dengan fokus penelitian ada empat fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orangorang atau perilaku yang dapat diamati, dengan tujuan untuk menggambarkan keadaan sasaran penelitian menurut apa adanya. Sumber data penelitian yang digunakan adalah sumber data primer berupa informasi-informasi dari lapangan melalui wawancara dengan pengurus IPM senior, Alumni IPM dan pengamatan secara langsung di IPM SMA Muhammadiyah Bantul, kemudian sumber data sekunder berupa buku, daftar kegiatan program kerja IPM, daftar hadir anggota, buku panduan pelatihan PD IPM, dan arship dokumen SMA Muhammadiyah Bantul. Adapun hasil dari penelitian ini, dalam kegiatannya IPM SMA Muhammadiyah Bantul telah menerapkan fungsi manajemen walaupun masih dalam lingkup yang sederhana, untuk fungsi planning pelatihan IPM SMA Muhammadiyah Bantul panitia sudah mempunyai pedoman yaitu mengadakan rapat anggota pada awal masa baktinya guna menentukan program-program apa saja yang akan dilaksanakan pada saat mengadakan pelatihan IPM. Untuk fungsi organizing disini adalah dengan cara masing-masing anggota panitia pelatihan melakukan kegiatan yang sudah disusun yang dinamakan Masa Bimbingan Calon Anggota (MABICA), dalam fungsi actuating ada tiga elemen yang berpengaruh yang pertama kepemimpinan, gaya kepemimpinan yang diterapkan adalah gaya kepemimpinan situasional, elemen yang kedua adalah motivasi, motivasi yang diterapkan disana dengan cara memberikan wadah bagi para pengurus anggota IPM untuk mengembangkan keilmuannya dalam berorganisasi, elemen yang selanjutnya adalah komunikasi, memberikan pelatihan berkomunikasi antara sesama pengurus anggota IPM dan juga dengan Wakaur Kesiswaan, untuk fungsi controlling diserahkan langsung oleh Wakaur Kesiswaan dan juga Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Achmad Muhammad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pelatihan Organisasi IPM
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 14:46
Last Modified: 02 Dec 2015 09:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum