STUDI KOMPARATIF SISTEM AKUNTANSI PEMBIAYAAN ANTARA PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (PT BPRS) BANGUN DRAJAT WARGA DENGAN PERSEROAN TERBATAS BANK PERKREDITAN RAKYAT (PT BPR) NUSAMBA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA

JOHAN , NIM. 10240035 (2014) STUDI KOMPARATIF SISTEM AKUNTANSI PEMBIAYAAN ANTARA PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (PT BPRS) BANGUN DRAJAT WARGA DENGAN PERSEROAN TERBATAS BANK PERKREDITAN RAKYAT (PT BPR) NUSAMBA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARATIF SISTEM AKUNTANSI PEMBIAYAAN ANTARA PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (PT BPRS) BANGUN DRAJAT WARGA DENGAN PERSEROAN TERBATAS BANK PERKREDITAN RAKYAT (PT BPR) NUSAMBA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
10240035_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka(2).pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARATIF SISTEM AKUNTANSI PEMBIAYAAN ANTARA PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARI’AH (PT BPRS) BANGUN DRAJAT WARGA DENGAN PERSEROAN TERBATAS BANK PERKREDITAN RAKYAT (PT BPR) NUSAMBA BANGUNTAPAN YOGYAKARTA)
10240035_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir(2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Johan (10240035), Studi Komparatif Sistem Akuntansi Pembiayaan Antara Perseroan Terbatas Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah (PT BPRS) Bangun Drajat Warga dengan Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat (PT BPR) Nusamba Banguntapan DIY, Skripsi : Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Sistem akuntansi memiliki peranan penting dalam memberikan informasi keuangan dari operasional yang dijalankan perbankan. Sistem akuntansi merupakan metode dan prosedur untuk mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengihtisarkan, dan melaporkan informasi mengenai keuangan dan operasi usaha. Dari metode proses sistem akuntansi yang telah disesuaikan dengan standar akuntansi keuangan, dapat memberikan kesesuaian informasi keuangan antara kreditur dengan debitur, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan yang diberikan oleh para depositor dan investor maupun pihak-pihak yang terkait, agar mampu bersaing dengan lembaga bank lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan sistem akuntansi pembiayaan antara PT BPR Syari’ah BDW dengan PT BPR Nusamba Banguntapan. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta analisis data menggunakan deskriptif-komparatif yaitu menggambarkan dan membandingkan sistem akuntansi pembiayaan sesuai data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komparatif sistem akuntansi pembiayaan pada PT BPR Syari’ah BDW dan PT BPR Nusamba Banguntapan, terdapat perbedaan dalam pencatatan sumber pendapatan. Didalam pendapatan margin pada PT BPR Syari’ah BDW dicatat secara dasar kas (cash basis) sedangkan dalam pendapatan bunga pada PT BPR Nusamba Banguntapan dicatat berdasarkan dasar akrual (accrual basis). Perbedaan lain terdapat pada akad murabahah PT BPR Syari’ah BDW memberikan barang kepada nasabahnya sedangkan perjanjian kredit PT BPR Nusamba Banguntapan memberikan uang kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Mikhriani, MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Akuntansi pembiayaan, PT BPR Syari’ah BDW, PT BPR Nusamba Banguntapan.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 15:24
Last Modified: 02 Dec 2015 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum