METODE PENYISIHAN PIUTANG TAK TERTAGIH PRODUK MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA (PT. BPRS MCI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2013

DEWI JULIANA, NIM. 10240014 (2014) METODE PENYISIHAN PIUTANG TAK TERTAGIH PRODUK MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA (PT. BPRS MCI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (METODE PENYISIHAN PIUTANG TAK TERTAGIH PRODUK MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA (PT. BPRS MCI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2013)
10240014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (METODE PENYISIHAN PIUTANG TAK TERTAGIH PRODUK MURABAHAH DI PERSEROAN TERBATAS BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH MITRA CAHAYA INDONESIA (PT. BPRS MCI) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA PERIODE 2013)
10240014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dewi Juliana (10240014), Metode Penyisihan Piutang Tak Tertagih Pembiayaan Murabahah Di Perseroan Terbatas Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Mitra Cahaya Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Periode 2013. Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. BPRS MCI merupakan salah satu bank yang membantu membiayai rakyat secara syariah yang menjual beberapa produk pembiayaan kepada debitur baik secara kredit ataupun tunai. Salah satunya yaitu murabahah. Dalam melakukan penjualan secara kredit bank harus berhadaban dengan risiko. Karena risiko kegagalan piutang pasti akan ditemui. Jadi bank harus mengelola dengan baik mengawasi secara terus menerus untuk menghindari risiko piutang tak tertagih yang terlalu besar. Piutang merupakan salah satu komponen kelompok aktiva lancar. Piutang muncul akibat penjualan barang secara kredit oleh pihak bank kepada nasabah. Piutang tak tertagih muncul apabila sisa tunggakan itu tidak terbayar atau tidak dilunasi oleh debitur. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana metode penyisihan piutang tak tertagih pembiayaan murabahah di PT. BPRS Mitra Cahaya Indonesia DIY. Tujuannya untuk mengetahui metode penyisihan piutang tak tertagih pembiayaan murabahah di PT. BPRS Mitra Cahaya Indonesia DIY. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penulisan skripsi ini menggunakan teknik wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menganalisis metode penyisihan daftar umur piutang pembiayaan murabahah di PT. BPRS Mitra Cahaya Indonesia DIY. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Metode yang diterapkan di BPRS MCI untuk mencatat piutang yang tak tertagih ialah mengguankan metode penyisihan piutang. Artinya BPRS MCI tidak menggunakan metode penyisihan piutang secara langsung atau metode penghapusan piutang dalam menganalisisnya. semakin besar kerugian piutang maka semakin kecil laba yang dihasilkan oleh PT. BPRS MCI. Hasil analisa umur piutang di dapatkan jumlah kerugian piutang tahun 2013 sebesar Rp. 65.364.460,00 dan jumlah cadangan kerugian piutangnya sebesar Rp. 80.146.185,00, jadi untuk metode ini didapat piutang bersih sebesar Rp. 9.305.815,00. Hal ini menyebabkan laba yang diperoleh PT. BPRS MCI tercatat lebih besar. Analisa ini digunakan untuk menghindari dan meminimalisir piutang murabahah yang tak tertagih, sehingga kerugian piutang dapat diminimalisir sebelum perusahaan rugi besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Mikhriani, MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Piutang Murabahah
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 15:32
Last Modified: 20 Oct 2015 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14963

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum