PONDOK PESANTREN MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN (STUDI TAUHID KITAB FATHUL MAJID DI MADRASAH `ALIYAH)

FAIZ FAUZI , NIM. 10510011 (2014) PONDOK PESANTREN MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN (STUDI TAUHID KITAB FATHUL MAJID DI MADRASAH `ALIYAH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA .

[img]
Preview
Text ( PONDOK PESANTREN MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN (STUDI TAUHID KITAB FATHUL MAJID DI MADRASAH `ALIYAH) )
10510011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PONDOK PESANTREN MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN (STUDI TAUHID KITAB FATHUL MAJID DI MADRASAH `ALIYAH) )
10510011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Madrasah Wathoniyah Islamiyah (PPMWI) Kebarongan sebagai lembaga pendidikan Islam, belakangan ini ramai diperbincangkan publik karena diktum yang menyebutkan PPMWI Kebarongan sebagai basis penyebaran ideologi Islam radikal khususnya di wilayah Banyumas. Alasannya, karena terdapat kitab Fathul Madjid yang memuat doktrin teologi Wahabi di dalam kurikulum pengajarannya. Meskipun demikian, label tersebut menjadi tidak proporsional bila argumentasinya dilandasi hanya karena di PPMWI Kebarongan mempelajari kitab Fathul Madjid. Meskipun pada faktanya PPMWI Kebarongan hanya menggunakan kitabnya, tidak mengikuti madzhabnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan sumber data primernya ketua Pembina Yayasan, Kepala Sekolah, ustadz-ustadz dan beberapa santri dan alumni PPMWI Kebarongan. Sumber data sekundernya antara lain buku-buku, majalah-majalah, jurnal dan sebagainya yang terkait dengan Islam sebagai sistem nilai sebagai objek materialnya. Sejarah menggunakan kitab Fathul Majid pertama kali dipakai skitar tahun 50-an. Sampai sekarang kitab tersebut masih menjadi primadona di PPMWI Kebarongan (khususnya `Aliyah). Sampai sekarang kitab tersebut diajarkan kepada Santri. Santri kemudian mengeksternalisasi diri melalui aktifitas-aktifitasnya, baik di madrasah maupun di luar madrasah. Melalui pembiasaan, karena dilakukan berulang-ulang dan terpola, pelajaran tersebut akhirnya menjadi realitas objektif dalam kesadaran santri. Pelajaran tersebut terinternalisasi, secara simultan diterima dan dijalankan oleh santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Iskandar Zulkarnain.
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Dec 2014 09:12
Last Modified: 06 May 2015 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14976

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum