PENERAPAN MODEL EXPONENTIAL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (EGARCH) PADA ANALISIS RISIKO DENGAN VALUE AT RISK (VAR) (STUDI KASUS : PENUTUPAN JII)

NURHASANAH, NIM. 10610006 (2014) PENERAPAN MODEL EXPONENTIAL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (EGARCH) PADA ANALISIS RISIKO DENGAN VALUE AT RISK (VAR) (STUDI KASUS : PENUTUPAN JII). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL EXPONENTIAL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (EGARCH) PADA ANALISIS RISIKO DENGAN VALUE AT RISK (VAR) (STUDI KASUS : PENUTUPAN JII))
10610006_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN MODEL EXPONENTIAL GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (EGARCH) PADA ANALISIS RISIKO DENGAN VALUE AT RISK (VAR) (STUDI KASUS : PENUTUPAN JII) )
10610006_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu bentuk investasi di pasar modal adalah saham, pada investasi saham biasanya investor memperhatikan tingkat pengembalian (return). Banyak ditemukan fakta di lapangan volatilitas dalam return bersifat asimetris yang biasa disebut leverage effect dalam volatilitas. Sehingga untuk menghadapi kasus seperti ini model yang lebih tepat adalah model volatilitas Exponential Generalized Autoregressive Conditional Heteroscedasticity (EGARCH). Selain return, pengukuran risiko juga merupakan hal yang penting. Salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengestimasi risiko adalah Value at Risk (VaR). Padapenerapannya perhitungan analisis risiko VaR dengan pendekatan model EGARCH, memiliki langkah-langkah utama yaitu, menentukan nilai return, menguji kestasioneran data, menguji kenormalan data, menentukan model yang sesuai untuk persamaan mean, menguji ada tidaknya efek ARCH, menentukan model GARCH, pengujian efek asimetris, menentukan model EGARCH, menghitung nilai VaR dengan pendekatan model EGARCH, dan menguji validasi perhitungan VaR tersebut. Adapun data yang digunakan data indeks saham syariah harian Jakarta Islamic Index (JII) periode 1 Januari 2012 – 30 April 2014. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model EGARCH (1,1) adalah model terbaik yang memenuhi asumsi-asumsi pada pemeriksaan diagnosa. Sehingga model EGARCH (1,1) yang digunakan untuk menghitung nilai risiko dengan VaR, hasil kemungkinan kerugian yang didapat investor pada tingkat kepercayaan 95% dengan danayang diinvestasikan sebesar Rp.100.000.000padasaham Jakarta Islamic Index (JII) adalah dalam 1 hari ke depan sebesar Rp. 1.377.012,515 dalam 5 hari ke depan sebesar Rp. 3.079.093,598.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Moh. Farhan Qudratullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Volatilitas, Return, Heteroskedastisitas, Asimetris, EGARCH,Value at Risk (VaR)
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Dec 2014 10:24
Last Modified: 27 Jan 2016 13:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14993

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum