PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEISLAMAN DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs

AHMAD MUSTHOFA , NIM. 10680041 (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEISLAMAN DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEISLAMAN DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs )
10680041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEISLAMAN DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK SISWA KELAS VII SMP/MTs )
10680041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi ciri-ciri makhluk hidup untuk siswa kelas VII SMP/MTs yang berkualitas, 2) mengetahui kualitas Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis keislaman dan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi ciri-ciri makhluk hidup untuk siswa kelas VII SMP/MTs. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D. Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket check list. Data yang diperoleh, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKS berdasarkan penilaian ahli media kualitasnya Sangat Baik (82,7%), ahli materi menilai Sangat Baik (92,1%), peer reviewer menilai Sangat Baik (81,2%), dan guru IPA biologi menilai Sangat Baik (85,6%), sedangkan hasil penilaian secara keseluruhan oleh para ahli, peer reviewer, dan guru IPA biologi produk LKS memiliki persentase keidealan sebesar 85,534% termasuk kategori Sangat Baik (SB). Selain itu, respon siswa terhada LKS pada uji coba terbatas mendapatkan respon Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 92,49%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis keislaman dan CTL yang dikembangkan menggunakan model 4-D pada materi ciri-ciri makhluk hidup layak digunakan sebagai sumber alternatif bahan ajar IPA biologi siswa kelas VII SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Contextual Teaching and Learning (CTL), Berbasis keislaman.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Dec 2014 13:49
Last Modified: 04 Mar 2016 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15001

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum